Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indikator: Pelaku Usaha Perikanan Puas Dengan Kinerja Menteri Edhy Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 23 Juli 2020, 22:38 WIB
Indikator: Pelaku Usaha Perikanan Puas Dengan Kinerja Menteri Edhy Prabowo
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo/Net
rmol news logo Pelaku usaha perikanan dan kelautan mengaku puas dengan kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Edhy bahkan dianggap sebagai menteri dengan kinerja paling baik, khusus di sektor kelautan dan perikanan.

Penilaian tersebut merupakan hasil survei nasional "Evaluasi Pelaku Usaha terhadap Kinerja Kabinet dan Ekonomi di Masa Pandemik" yang dirilis Indikator Politik Indonesia, secara virtual, Kamis (23/7).   

"Di kalangan sektor kelautan dan perikanan, penilaian terhadap Edhy Prabowo tinggi sekali. Jadi di kandangnya sendiri, di bagian stakeholder utama KKP, dia justru mendapat banyak kredit," ujar Burhanuddin saat membacakan hasil survei.

Menurut Burhanuddin, tingginya kepercayaan stakeholder sektor kelautan dan perikanan terhadap Edhy Prabowo menarik untuk diulas karena berbeda dengan penilaian yang ramai di media sosial. Di media sosial Menteri Edhy cenderung dipersepsikan negatif.

"Di sektor perikanan dan kelautan yang paling baik kinerjanya Pak Edhy Prabowo,: katanya.

Di sektor tersebut, Menteri Edhy berada di posisi teratas dengan raihan 41 persen, mengungguli Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir yang berada di posisi 2 dan 3 dengan masing-masing memperoleh 34 persen dan 21 persen.

Para pelaku usaha yang menjadi responden totalnya 1.200 orang, terdiri dari pelaku usaha mikro, kecil, menengah, dan besar di sembilan provinsi yakni Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur.

Para responden terbagi dalam tujuh sektor yakni pertanian non perikanan dan kelautan; perikanan dan kelautan; pertambangan dan penggalian; industri pengolahan; konstruksi; perdagangan besar dan eceran, reparasi perawatan mobil dan sepeda motor; serta sektor pengangkutan dan pergudangan.

Survei dilakukan melalui wawancara telepon selama 29 Juni sampai 11 Juli 2020.

"Menteri yang paling baik menurut semua responden, Menteri Kelautan dan Perikanan di peringkat nomor 6. Saya cek ternyata kebanyakan sektor kelautan dan perikanan yang yang menjawab Pak Menteri Kelautan Perikanan ini bagus kinerjanya," kata Burhan.

Sementara itu, secara keseluruhan pelaku usaha menilai Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai menteri dengan kinerja terbaik di segala sektor usaha. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA