Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Kontak Dengan Wakil Walikota Solo, Jokowi Bakal Periksa Swab Hari Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 24 Juli 2020, 17:58 WIB
Sempat Kontak Dengan Wakil Walikota Solo, Jokowi Bakal Periksa Swab Hari Ini
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Pemeriksaan swab untuk identifikasi infeksi virus corona baru (Covid-19) bakal dilalukan Presiden Joko Widodo pada hari Jumat ini (24/7), menyusul kabar Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo yang dinyatakan positif terjangkit.

Pasalnya, Kepala Negara sempat bertemu dengan Achmad Purnomo dalam kurun waktu 2 minggu ke belakang di Istana Negara, Jakarta.

Rencana ini dipastikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, yang menyatakan bahwa seluruh perangkat Istana Kepresidenan melakukan pemeriksaan secara rutin, atau sesuai dengan jadwal.

"Bapak Presiden dan perangkat, kami semua di sini yang melayani bapak Presiden selalu melakukan tes kesehatan secara rutin. Khususnya Bapak Presiden dilakukan rutin dan hari ini secara kebetulan memang jadwalnya Bapak Presiden untuk melakukan tes kesehatan dan mungkin juga termasuk swab dan lain-lain," kata Heru kepada wartawan, Jumat (24/7).

Heru memastikan, tak hanya Kepala Negara yang akan dilakukan test swab, tapi juga seluruh keluarga Jokowi seperti Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dia menyebut, seluruh protokol kesehatan di lingkungan Istana memang sudah diterapkan secara maksimal.

"Ibu negara beserta Bapak Presiden bersama keluarga tentunya itu sama perlakuannya. Tentunya tes kesehatan ya dengan rutin. Tentunya pengetatan kami sudah maksimal," sambungnya.

Terlebih, lanjut Heru, seluruh pihak yang ingin bertemu dengan Presiden baik dari kalangan masyarakat hingga jajaran menteri harus melalui tahapan protokol yang ketat. Mulai dari rapid test, memakai masker, hinggs menjaga jarak.

"Di dalam Istana pun kursi dan tata letak meja dan kursi sudah kami lakukan jaga jarak dan lainnya," sambungnya.

Sebagai contoh, pihak Istana selalu memastikan ruangan Presiden yang setiap harinya akan digunakan untuk bekerja atau bertemu masyarakat dan pejabat disterilisasi menggunakan ultra violet tiga jam sebelum dipakai.

"Sebelum ada kejadian ini, awal pertama kali Covid, kami di Istana melakukan dengan ketat termasuk sterilisasi ruangan," pungkasnya.

Kasus infeksi corona Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo ini diketahui positif setelah bertemu Presiden Jokowi, tepatnya 2 hari setelah bertemu Jokowi.

Purnomo bertemu Jokowi untuk membahas suatu hal hingga makan siang bersama, di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis (16/7). Kemudian dua hari setelah itu dia melakukan tes swab, namun baru dinyatakan positif ketika di tes yang kedua.

Adapun pada Kamis (23/7) kemarin Purnomo baru saja mengikuti rapat dengan sejumlah pejabat Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Di hari itulah dia mendapatkan kabar kalau dirinya positif corona.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA