Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terima Dana Rp 3,1 Miliar Dari Kemenristek, UI Lakukan Riset Dan Inovasi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 24 Juli 2020, 22:32 WIB
Terima Dana Rp 3,1 Miliar Dari Kemenristek, UI Lakukan Riset Dan Inovasi Covid-19
Universitas Indonesia/Net
rmol news logo Universitas Indonesia (UI) kembali memperoleh pendanaan konsorsium riset dan inovasi Covid-19 tahap kedua senilai Rp 3,1 miliar rupiah dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Pendanaan tersebut akan dipergunakan untuk mendanai penelitian atas 16 judul proposal riset dan inovasi guna percepatan penanganan Covid-19 dari berbagai fakultas di UI yang dikoordinasikan oleh Direktorat Inovasi dan Science Techno Park UI (DISTP UI).

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan Kemenristek dan LPDP kepada para peneliti UI dalam menghasilkan terobosan inovasi dan penelitian berkenaan Covid-19," ujar Rektor UI Ari Kuncoro melalui keterangan tertulisnya, Jumat (24/7).

Menurutnya, dengan kerjasama tersebut mampu mendukung peneliti UI bekerja dengan optimal di dalam menghasilkan terobosan guna percepatan penanganan Covid-19.

Kemenristek/BRIN dan LPDP juga telah memberikan dukungan pendanaan
senilai Rp 8,1 miliar rupiah kepada UI pada program Konsorsium Riset dan Inovasi Tahap Pertama berkenaan dengan Covid-19 dengan total proposal sebanyak 24 penelitian.

Selain itu, UI juga menerima dukungan dana pada program prioritas riset nasional senilai 9.8 miliar rupiah.
 
Program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong inovasi negeri guna menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia melawan Covid-19 dalam bentuk produk dan pengkajian.

Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi Abdul Haris menambahkan, UI terus berkomitmen mendukung pemerintah di dalam penanganan Covid-19.

"Total proposal riset peneliti UI yang telah lulus seleksi oleh Kemenristek adalah sebanyak 40 proposal. Seluruh proposal tersebut merupakan upaya sivitas akademika UI untuk berkontribusi, bekerja serta cepat dan menjawab kebutuhan masyarakat dalam penanganan Covid-19," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA