Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serapan Baju Hamzat Kemenkes Macet, Puluhan Ribu Buruh Terancam PHK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 25 Juli 2020, 13:24 WIB
Serapan Baju Hamzat Kemenkes Macet, Puluhan Ribu Buruh Terancam PHK
Buruh produksi baju hazmat/Net
rmol news logo Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan diminta untuk memperhatikan nasib kaum buruh yang memproduksi alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seorang produsen baju hazmat, Prima Pradana mengeluhkan banyak perusahaan produsen baju hazmat dalam negeri yang mengalami ketersendatan dalam proses penyerapan produksi di Kementerian Kesehatan.

Padahal kata Prima Pradana, saat wabah pandemik Covid-19 meluas, Kementerian Kesehatan meminta beberapa perusahaan untuk mempercepat produksi baju hazmat dalam negeri.

"Kami dengan segala cara mencoba memaksimalkan produksi baju hazmat apalagi seluruh dunia membutuhkan produk ini," kata Prima Pradana dalam keterangannya, Sabtu (25/7).

"Cuma sayangnya, ketika kami dari perusahaan menepati apa yang sudah menjadi komitmen bersama, pemerintah kurang memperhatikan apa yang telah kami produksi. Persoalannya ada di tingkat penyerapan yang kurang sesuai dengan komitmen di awal," imbuhnya.

Lanjutnya, dari sisi ekonomi tentu produsen sangat dirugikan karena hasil produksi yang tidak terserap atau terjual.

Saat ini, katanya, puluhan ribu buruh menggantungkan nasibnya kepada perusahaan. Namun, perusahaan tidak bisa berbuat apa-apa karena semua menunggu kepastian dari pemerintah.

“Di gudang kami saja masih menumpuk jutaan set baju hazmat, bahkan sampai tidak tertampung. Kami berharap pemerintah memberikan kepastian terkait hal ini," tegasnya.

"Kalau ini tidak kunjung selesai, kami terpaksa gulung tikar dan mau tidak mau kami harus membuat keputusan pahit PHK terhadap para buruh-buruh kami yang sudah maksimal memproduksi baju hazmat ini,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA