Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Bukan Tidak Mungkin FX Hadi Rudyatmo Jagokan Calon Selain Gibran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 27 Juli 2020, 18:27 WIB
Pengamat: Bukan Tidak Mungkin FX Hadi Rudyatmo Jagokan Calon Selain Gibran
Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo/Net
rmol news logo Ada aroma keengganan yang terpancar dari gelagat Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo untuk mendukung penuh putra sulung Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon Walikota Solo pada Pilkada Desember 2020 mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Apakah FX Rudy akan all out memperjuangkan dan mendukung Gibran dalam Pilkada Solo? Kalau melihat perkembangan yang ada, saya rasa tidak mungkin Rudy akan memperjuangkan calon yang tidak diinginkannya," ujar pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (27/7).

Munculnya Gibran memang sempat menjadi perbincangan hangat mengingat akar rumput PDIP di Solo sempat mengusung pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa.

Bahkan secara gamblang, FX Hadi Rudyatmo yang juga menjabat Ketua DPC PDIP Solo menyampaikan kekecewaannya lantaran rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP jatuh kepada Gibran Rakabuming Raka, bukan Achmad Purnomo.

Melihat dinamika yang ada, Saiful Anam pun menduga bukan tidak mungkin dukungan FX Rudy bakal beralih ke pasangan calon lain.

"Bukan tidak mungkin Rudy bakal menjagokan calon lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena saya yakin pertimbangan Rudy sudah sesuai dengan kaidah-kaidah etika politik yang ada. Mestinya siapa yang telah berproses dari awal, dialah yang berhak untuk dimajukan dalam kontestasi politik, bukan orang-orang yang ujug-ujug muncul dan langsung dicalonkan oleh Parpol," jelas Saiful.

Oleh karenanya, patut ditunggu sikap resmi Rudy disampaikan secara jujur kepada publik mengenai pilihannya di Pilkada Solo. Hal itu penting untuk membangun dukungan kekuatan guna melawan Gibran dalam kontestasi Pilkada di kampung Presiden.

"Beranikah Rudy? Kita tunggu perkembangannya. Demi martabat politik seharusnya Rudy berani, meskipun pada akhirnya harus melawan arus dengan pilihan PDIP dalam pencalonan Gibran di Pilkada Solo," pungkas Saiful. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA