Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov DKI Dapat Pinjaman 12,5 T, Wakil Ketua DPRD: Optimalkan Untuk Pemulihan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 28 Juli 2020, 08:47 WIB
Pemprov DKI Dapat Pinjaman 12,5 T, Wakil Ketua DPRD: Optimalkan Untuk Pemulihan Ekonomi
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi/RMOL
rmol news logo Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi mendapat bantuan pinjaman dari pemerintah pusat melalui PT Sarana Multi Infrastruktur sebesar Rp 12,5 triliun.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi, meminta dana tersebut difokuskan untuk pemulihan ekonomi Jakarta

"Pesan saya lebih cenderung kepada membantu rakyat, UMKM, terutama pemulihan ekonomi. Itu dikarenakan kalangan menengah ke bawah saat ini paling terdampak (pandemik)," ujarnya saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (28/7).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta yang akan memanfaatkan pinjaman tersebut untuk pengendalian banjir.

"Jadi penggunaan itu harus dioptimalkan yang dirasakan masyarakat termasuk pengendalian banjir. Karena dampak dari banjir itu ke arah ekonomi nantinya kan," jelas Suhaimi.

Untuk diketahui, dari total pinjaman Rp 12,5 triliun itu, Pemprov DKI mengajukan 4,5 triliun rupiah untuk tahun anggaran 2020 dan 8 triliun rupiah untuk tahun anggaran 2021. Jangka waktu pengembalian paling lama 10 tahun.

Sementara itu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI Jakarta sebelumnya dilaporkan turun hingga Rp 31,13 triliun sebagai dampak pandemik Covid-19.

Beberapa sektor perekonomian yang terdampak pandemik dengan pertumbuhan negatif antara lain sektor jasa, konstruksi, pengadaan air, perdagangan, pendidikan, energi (listrik dan gas), dan industri pengolahan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA