Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seharusnya Wabah Corona Jadi Peluang Indonesia Menjelma Sebagai Negara Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 29 Juli 2020, 18:46 WIB
Seharusnya Wabah Corona Jadi Peluang Indonesia Menjelma Sebagai Negara Besar
Pengamat politik Unas, Andi Yusran/Net
rmol news logo Pandemik virus corona baru (Covid-19), seharusnya tidak mengendorkan kreativitas pemerintah dalam menghadirkan terobosan-terobosan.  

Pengamat Politik dari Universitas Nasional (Unas) Andi Yusran beranggapan, wabah corona sesungguhnya bisa jadi peluang bagi Indonesia menjelma menjadi negara besar dan mandiri.

"Seharusnya hanya satu tim khusus yang fokus kepada penyelesaian masalah pandemik Covid-19, sementara tim yang lain seharusnya tetap eksis membuat terobosan-terobosan," ungkapnya saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (29/7).

Andi pun mencotohkan, tim ekonomi seharusnya mempunyai desain khusus menggenjot ekonomi di masa pandemik. Bagaimana sektor UMKM diberi insentif khusus dan stimulus ekonomi untuk tetap eksis dengan memanfaatkan model bekerja dari rumah.

Begitu juga di sektor pertanian dan pangan, seharusnya bisa dibuat lebih produktif karena manpower Indonesia bertambah setelah banyaknya SDM yang di PHK khususnya yang bekerja di sektor riil .

Namun sejauh ini menurutnya belum ada resep cerdas yang lahir dari setiap kementerian dalam rangka mensiasati pandemik Covid-19.

"Idealnya ke depan Presiden me-redesign pembangunan nasional di era Covid dan post-Covid. Dimana Satu tim Nasional yang menangani pandemi Covid-19 terdiri dari lintas kementerian dan lembaga," saran Andi Yusran.

Lalu tim lain, menurut Andi dapat menangani pengembangan ekonomi nasional dan tim ketiga khusus menangani sektor kesejahteraan rakyat .

"Ketiga tim tersebut urgensi dibutuhkan saat ini dan ke depan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA