Serius Maju Di Pilkada Gresik 2020, Gus Yani-Ning Min Janji Tuntaskan Masalah Kali Lamong

Gus Yani dan Ning Min siap selesaikan masalah Kali Lamong jika terpilih pimpin Kabupaten Gresik/RMOLJatim

Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Siti Aminatun Habibah (Ning Min) pasangan Calon Bupati–Wakil Bupati yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gresik 2020 membuat pakta integritas terkait penyelesain masalah Kali Lamong bersama Forum Masyarakat Gresik Selatan (MGS).

Langkah yang dilakukan pasangan Cabup-Cawabup yang dikenal dengan sebutan 'Niat' itu, merupakan wujud keseriusan mereka berdua untuk menyelesaikan persoalan Kali Lamong jika menang di Pilkada Gresik 2020.

“Saya melihat dari dekat kondisi Kali Lamong sangat memprihatinkan. Dangkal serta menyempit hal ini tidak boleh dibiarkan berlama-lama,” ujar Gus Yani, usai menandatangani pakta integritas di jembatan yang membentang di atas Kali Lamong, tepatnya di Desa Bulang Kulon, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Sabtu (1/8).

“Permasalahan Kali Lamong yang menimbulkan banjir setiap tahun pada saat musim hujan tiba menjadi prioritas kami jika dipercaya masyarakat untuk memimpin Gresik lima tahun ke depan. Di samping tentunya, permasalahan pendidikan juga menjadi fokus kita,” kata Gus Yani, dilansir Kantor Berita RMOLJatim.

“Sekali lagi, fokus Kali Lamong adalah bagian dari perubahan Gresik baru. Sebab, kalau dibiarkan terus-menerus dampak banjirnya luar biasa dan kerugian yang akan kita alami besarannya mencapai miliaran rupiah,” paparnya.

Belum tuntasnya permasalahan Kali Lamong selama ini, lanjut Gus Yani, karena masih menjadi bahan saling lempar tanggungjawab dari pihak terkait. Untuk itu, pihaknya bertekad dan berjanji jika terpilih memimpin Gresik bisa cepat menyelesaikan masalah tersebut.

Selama penanganan masalah Kali Lamong berlangsung nantinya, Gus Yani dan Nin Min juga akan memberikan solusi terhadap desa yang terdampak banjir. Salah satunya dengan membimbing petani saat menghadapi banjir.

“Terhadap petani apa yang harus mereka lakukan saat datang banjir, akan kami lakukan melalui sosialisasi secara gencar. Misalnya, lahan pertaniannya dijadikan tambak sementara waktu tidak menanam padi serta menebar benih ikan supaya tidak merugi,” tukasnya.

“Edukasi terhadap petani tanaman serta petani tambak akan terus ditingkatkan, dalam menghadapi berbagai persoalan. Jangan sampai saat banjir mereka malah merugi akibat lahan pertaniannya dan tambak ikan diterjang banjir,” tandas Gus Yani.

Hal senada juga dikemukakan Ning Min. Bersama Gus Yani, dirinya siap untuk menyelesaikan persoalan Kali Lamong yang sudah bertahun-tahun belum ada solusi konkret dari pemangku kebijakan.

“Masalah Kali Lamong menjadi program prioritas kami. Untuk itu, kita siap mengolah yang dulunya menjadi langganan banjir menjadi keberkahan masyarakat Gresik Selatan nantinya,” timpalnya.

“Prioritas lain yang menjadi perhatian kami adalah persoalan infrastruktur jalan di Kabupaten Gresik yang saat ini belum ada yang baik meski sudah dipatok. Sebab, kenyataan di lapangan masih ada jalan yang rusak parah tetapi belum ada upaya perbaikan. Berarti, ini ada yang salah terkait pengelolaan dana APBD,” tutupnya.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

FRONT PAGE | CATATAN KAMI, Dr Ahmad Yani

Jumat, 07 Agustus 2020
Video

RMOL World View | Di Balik Ledakan Lebanon Bersama Duta Besar RI untuk Lebanon, Hajriyanto Y Thohari

Jumat, 07 Agustus 2020

Artikel Lainnya

Direktur KPN: Poster Anies-AHY Hanya Pansos, Karena Popularitas Itu Penting
Politik

Direktur KPN: Poster Anies-A..

11 Agustus 2020 12:50
Istana Larang Pajang Foto Jokowi, Iwan Sumule: Ini Klenik Atau 17 Agustus Terakhir Jadi Presiden?
Politik

Istana Larang Pajang Foto Jo..

11 Agustus 2020 12:47
Prabowo Disebut Bakal Gantikan Maruf Amin, PPP: Isu Murahan!
Politik

Prabowo Disebut Bakal Gantik..

11 Agustus 2020 12:27
Prabowo Diisukan Bakal Geser KH Ma’ruf Amin, Gerindra: Isu Mau Pecah NU Dan Jokowi
Politik

Prabowo Diisukan Bakal Geser..

11 Agustus 2020 12:25
Pernah Ditolak Jokowi, Natalius Pigai Ragu Fadli Zon Mau Menerima Penghargaan Bintang Jasa
Politik

Pernah Ditolak Jokowi, Natal..

11 Agustus 2020 11:59
Menggeser Maruf Amin Tidak Semudah Mencopot Menteri
Politik

Menggeser Maruf Amin Tidak S..

11 Agustus 2020 11:56
Bakal Deklarasikan Dukungan Kepada Akhyar Nasution, Forum Eksponen 98 PDIP Ajak Kader Tetap Gembira
Politik

Bakal Deklarasikan Dukungan ..

11 Agustus 2020 11:45
Jubir Jokowi: Pegawai KPK Jadi ASN Bukan Melemahkan, Tapi Memperkuat Institusi
Politik

Jubir Jokowi: Pegawai KPK Ja..

11 Agustus 2020 11:22