Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IDI: Jika Obat Hadi Pranoto Sudah Melalui Riset, Silakan Didaftarkan!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 02 Agustus 2020, 12:43 WIB
IDI: Jika Obat Hadi Pranoto Sudah Melalui Riset, Silakan Didaftarkan<i>!</i>
Anji saat berbincang dengan Hadi Pranoto di akun YouTube-nya/Net
rmol news logo Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Abdul Halik Malik angkat bicara mengenai klaim Prof. Hadi Pranoto yang telah menemukan antivirus Covid-19.

Klaim Hadi Pranoto diurai dalam perbincangan di channel YouTube Dunia Manji milik penyanyi, Anji beberapa waktu lalu. Anji menghadirkan Hadi Pranoto sebagai pakar mikrologi.

Abdul Halik Malik mengatakan sebuah antivirus harus ditunjang dan dibuktikan secara uji klinis. Tidak boleh sembarangan mengklaim suatu obat uang belum teruji dan diteliti ahli.

“Klaim antivirus itu harus didukung oleh penelitian dan bukti ilmiah lainnya. Jika sudah ada riset yang dilakukan atau ditunjang hasil riset silakan didaftarkan, sebagai produk inovasi, atau produk untuk apa dia herbal medicine, atau fitofarma kah, atau sudah menjadi bagian farmako terapi untuk kedokteran, klinis,” ujar Halik kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (2/8).

Halik meminta semua pihak agar lebih menahan diri dalam menyebarluaskan antivirus Covid-19. Apalagi belum teruji secara klinis dan didaftarkan kepada BPOM.

“Sebaiknya ditahan dulu, sebaiknya lebih menahan diri. Biar diteliti lebih lanjut. Kalau bisa didukung, dikaji, dan diproduksi bersama melibatkan ahli-ahli lainnya, akan lebih bermanfaat,” paparnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam memilah informasi mengenai klaim antivirus Covid-19.

“Kepada masyarakat lebih berhati-hati lagi, waspada bahwa penularan corona ini masih tinggi dan masih meningkat. Artinya, pandemik ini belum terkendali, masyarakat menginginkan adanya upaya pencegahan bisa dilakukan, salah satunya meningkatkan imunitas,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA