Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kesehatan Harus Menjadi Jaminan Pilkada 2020 Selain Asas LUBER

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 02 Agustus 2020, 22:21 WIB
Kesehatan Harus Menjadi Jaminan Pilkada 2020 Selain Asas LUBER
Ilustrasi Pilkada 2020/RMOL Network
rmol news logo Selain menganut asas LUBER (Langsung Umum Bebas dan Rahasia), prinsip Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan di masa pandemik Covid-19 juga harus mengutamakan keselamatan.

Guna mendukung hal itu, penerapan protokol kesehatan atau standar kesehatan sesuai anjuran pemerintah juga menjadi hal wajib untuk memutus mata rantai sebaran Covid-19.

Begitu pandangan dari Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung, Januar Solehuddin dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (2/8).

Januar berharap, penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjaga dua prinsip tersebut dan menjadi perhatian di setiap tahapan Pilkada Kabupaten Bandung.

“Kami secara kelembagaan akan melakukan pengawasan termasuk melihat adanya potensi pelangggaran didalamnya seperti sekarang ini yang sedang ngetren adalah integritas ASN menjaga netralitas,” jelasnya.

Di sisi lain, Kapolresta Bandung, Kombes Hendra Kurniawan menegaskan bahwa pihaknya juga akan turut serta mengawal keamanan ketertiban masyarakat di setiap tahapan Pilkada, sebab sektor itu menjadi suatu hal sangat penting.

“Apalagi bakal ada penambahan TPS untuk mencegah kerumunan warga mengingat Pilkada tahun ini digelar saat pandemik. Tentu hal ini akan ada pengaruh pada jumlah personil yang bertugas di lapangan,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA