Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Indonesia Masuk Jurang Resesi, Erick Thohir Harus Beri Perhatian Khusus Pada UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 03 Agustus 2020, 05:43 WIB
Cegah Indonesia Masuk Jurang Resesi, Erick Thohir Harus Beri Perhatian Khusus Pada UMKM
Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19, Erick Thohir/Net
rmol news logo Menyoroti beberapa negara di dunia yang masuk ke jurang resesi ekonomi, Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia  (DPP GAMKI) meminta Ketua Pelaksana Komite Penanganan virus corona baru (Covid-19) Erick Thohir untuk benar-benar memperhatikan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sekretaris Umum DPP GAMKI, Sahat Martin Philip Sinurat menyatakan, penunjukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir adalah bentuk kepercayaan Presiden Jokowi sekaligus memberikan mandat untuk menyelamatkan pelaku UMKM karena terdampak pandemik Covid-19.

"Erick Thohir harus jawab kepercayaan Presiden agar tidak terjadi jurang resesi. Mendorong masyarakat melakukan aktivitas ekonomi dengan tetap memperhatikan kesehatan," demikian pandangan Sahat saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu malam (2/8).

Sahat menjelaskan, kondisi krisis 1998 berbeda dengan krisis ekonomi imbas Covid-19 yang saat ini terjadi.

Di tengah kasus Covid-19 yang masih mengalami peningkatan, saat ini sebagian besar pelaku UMKM aktivitas ekonomi mengalami pelumpuhan.

Eks Ketum DPP GMKI ini menilai, Presiden menunjuk Erick karena ingin pengelolaan BUMN melibatkan UMKM sehingga perekonomian Indonesia tidak hanya bergerak secara makro tetapi juga menyentuh sektor riil.

Sahat juga melihat, penunjukan Erick sudah tepat karena di bawah koordinasi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Kita melihat Presiden ingin sektor riil dan BUMN berkolaborasi untuk bisa menjalankan roda ekonomi supaya tidak hanya makronya tapi UMKM juga berputar. Tentu komitmen ini harus dijawab dengan pengelolaan stimulus BUMN, korporasi dan UMKM berjalan dengan efektif," demikian kata Sahat.

Ia meyakini dengan upaya menghidupkan roda ekonomi yang dibarengi penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara disiplin, Indonesia akan terhindarkan dari jurang resesi ekonomi seperti yang terjadi di Amerika Srikat, Korea Selatan, Singapura dan negara di belahan dunia lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA