Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga Tegaskan Pentingnya Transformasi Digital Seiring Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 03 Agustus 2020, 22:14 WIB
Menko Airlangga Tegaskan Pentingnya Transformasi Digital Seiring Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Airlangga Hartarto mengatakan pentingnya transformasi di sejumlah sektor utama dalam masyarakat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Transformasi yang dimaksudkan Airlangga, adalah transformasi digital khususnya di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan birokrasi.

Menurut Airlangga, tugas komite bukan hanya memulihkan ekonomi yang menurun karena Covid-19. Namun juga mentransformasi ekonomi menuju era digital.

“Sebab kalau pulih bisa sakit lagi, tetapi kalau transform, ekonomi akan melonjak. Ini yang diminta Presiden, agar kita meloncat, sehingga kita menjadi bangsa yang maju dan keluar dari middle income trap,” kata Airlangga, Senin (3/8).

Airlangga menjelaskan, pentingnya digitalisasi di sejumlah sektor tersebut karena pengguna internet di Indonesia mencapai 180 juta. Potensi dari ekonomi digital di Indonesia hingga 2024 mencapai 130 miliar dolar AS.

“Kalau kita tidak memanfaatkan, negara lain yang akan memanfaatkan. Nilai ekonomi digital di ASEAN mencapai 150 miliar dolar AS pada 2024, kita menjadi pemain utama,” ujarnya.

Selain itu, Airlangga juga menjelaskan pentingnya transformasi digital sektor kesehatan. Hal ini semakin menjadi tren dan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara lebih baik.

Sementara, transformasi sektor pendidikan terjadi khususnya di masa pandemi ketika kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara online.

Demikian pula di birokrasi, banyak ASN yang bekerja dari rumah dan banyak pula kegiatan yang harus dilakukan melalui online untuk tujuan efisiensi dan penyederhanaan regulasi.

“Pemerintah terus membenahi infrastruktur digital, meningkatkan layanan di sektor informasi, komunikasi, dan telekomunikasi (ICT). Harapannya penduduk bisa terhubung secara digital," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA