Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Optimisme Menteri Edhy Di Masa Pandemik, Ekspor Perikanan Naik 6,9 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 04 Agustus 2020, 21:52 WIB
Optimisme Menteri Edhy Di Masa Pandemik, Ekspor Perikanan Naik 6,9 Persen
Menteri KKP Edhy Prabowo/Net
rmol news logo Upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggenjot produktivitas baik sebelum maupun saat pandemik Covid-19, berbuah manis.

Ekspor hasil perikanan di semester I 2020 mencapai 2,4 miliar dolar AS atau naik 6,9 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

"Di semester I tahun 2020 terjadi peningkatan nilai ekspor sebesar 6,9 persen dibanding semester serupa tahun lalu. Kita optimistis dan yakin, di tengah pandemik ini ekspor produk perikanan akan terus meningkat," ujar Menteri KKP Edhy Prabowo, Selasa (4/7).

Total volume ekspor dalam kurun waktu enam bulan tersebut sebanyak 596 ribu ton, sedangkan periode serupa tahun lalu 528.000 ton (25 miliar dolar AS).

Komoditas paling diminati adalah udang, tuna-cakalang, cumi-sotong-gurita, rajungan-kepiting, dan rumput laut. Sedangkan, pasar paling tinggi nilai penyerapan produk utama perikanan Indonesia adalah USA, Tiongkok, Jepang, ASEAN dan Uni Eropa.

Dengan naiknya nilai dan volume ekspor hasil perikanan di Semester I tahun 2020, neraca hasil perikanan pun mengalami surplus 2,2 miliar dolar AS atau naik 8,3 persen. Di masa bersamaan, nilai impor justru turun 5,9 persen atau setara 0,2 miliar dolar AS.

Menteri Edhy menjelaskan, kunci sukses hasil perikanan diminati pasar dunia adalah mutunya yang terjaga sehingga produk yang dihasilkan memenuhi standar dan berdaya saing.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mendorong pelaku usaha perikanan Indonesia untuk mengedepankan mutu produk yang dihasilkan.

"Saya tekankan kembali, bahan baku bagi Unit Pengolahan Ikan yang terstandar merupakan kunci utama untuk dapat menghasilkan produk perikanan aman, bermutu, dan berdaya saing," demikian Edhy. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA