Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konflik Sosial Bisa Terjadi Jika Ekonomi Masih Negatif Di 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 06 Agustus 2020, 08:23 WIB
Konflik Sosial Bisa Terjadi Jika Ekonomi Masih Negatif Di 2021
Peneliti muda dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira/Net
rmol news logo Indonesia akan mengalami konflik sosial jika pemerintah tidak mampu mengatasi pertumbuhan ekonomi yang negatif hingga 2021 nanti.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Prediksi itu sebagaimana disampaikan oleh peneliti muda dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menanggapi rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) soal pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II yang mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen.

Menurut Bhima, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II mengalami kontraksi diakibatkan minimnya penyerapan anggaran stimulus yang hanya digembar-gemborkan oleh pemerintah sendiri.

"Yang menyebabkan resesi adalah pemerintah sendiri. Ini terbukti dari rendahnya belanja pemerintah justru disaat paling dibutuhkan. Pemerintah gembar gembor stimulus tapi faktanya realisasi sangat rendah," ujar Bhima Yudhistira kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (6/8).

Pada kuartal III nanti, Bhima menilai akan terjadi resesi. Jika kondisi ini berlanjut hingga 2021 nanti, maka Indonesia akan masuk pada depresi.

Resesi sendiri akan terjadi jika selama dua kuartal berturut-turut ekonomi Indonesia mengalami kontraksi. Dampaknya jelas, yakni penurunan daya beli, PHK massal dan naiknya angka kemiskinan.

"Kalau depresi imbasnya lebih parah karena depresi artinya dua tahun terjadi pertumbuhan ekonomi negatif mirip seperti 1930-1933. Jika depresi terjadi dampak sosialnya mengarah pada kerusuhan dan konflik horizontal," pungkas Bhima. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA