Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Upaya Bupati Paniai Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Terpadu Di Pegunungan Tengah Dapat Dukungan Kemenkes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 07 Agustus 2020, 08:19 WIB
Upaya Bupati Paniai Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Terpadu Di Pegunungan Tengah Dapat Dukungan Kemenkes
Bupati Paniai Meki Nawipa saat bertemu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Jakarta/Istimewa
rmol news logo Pemerintah, melalui Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menaruh perhatian serius terhadap penguatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Paniai, dan wilayah Pegunungan Tengah sisi barat.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Menteri Kesehatan, Terawan Putranto, dengan Bupati Paniai, Meki Nawipa, di Jakarta pada Kamis kemarin (6/8).

Dalam audiensi tersebut, Bupati Meki Nawipa menggambarkan peran strategis Paniai yang menjadi hub untuk pelayanan kesehatan bagi warga Paniai dan warga dari beberapa kabupaten di sekitarnya.

"Kata kunci pelayanan kesehatan di Papua adalah hati dan kasih. Hati dan kasih akan menembus sekat dan batasan administrasi pemerintahan sebuah kabupaten," ucap Meki Nawipa.  

"Petugas kesehatan Paniai membuka diri untuk melayani siapapun warga, baik warga Paniai, maupun warga dari kabupaten sekitar. Rasa kemanusiaan harus dikedepankan daripada hanya memikirkan kapasitas fiskal dalam APBD," imbuhnya.

Meki Nawipa juga menyampaikan adanya komitmen Kementerian Kesehatan dalam peningkatan peran RSUD Paniai. Baik sarana dan prasarana, SDM kesehatan, pelayanan kesehatan, dan penguatan jaringan pelayanan RSUD ke semua warga.

Terobosan penting lainnya adalah Kemenkes memfasilitasi pendidikan dokter spesialis kepada dokter orang asli Papua di Paniai. Anak-anak Papua yang berprestasi ini akan mendapatkan beasiswa Kemenkes di kampus ternama di Indonesia.

Sebagai tindaklanjut, Bupati Meki Nawipa menegaskan, Pemerintah Kabupaten Paniai akan mengirimkan beberapa dokter umum di Paniai untuk keahlian spesialis tertentu. Baik di radiologi, THT, dan sebagainya.

Bahkan, saat ini, Pemkab akan mencari beberapa anak-anak Papua lulusan kedokteran untuk mengabdi di Paniai, dan diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan spesialis. Langkah penguatan SDM kesehatan ini sebagai upaya peningkatan peran RSUD Paniai yang terus berjuang menjadi RS tipe C, namun memiliki peran rujukan bagi kabupaten sekitar Paniai.

Selain itu, guna mempercepat pembangunan daerah-daerah pinggiran, dijelaskan Meki Nawipa, Kemenkes akan mendesain kebijakan Nusantara Sehat di Paniai untuk 1-2 tahun ke depan.

Kemenkes akan mengirimkan tenaga-tenaga kesehatan ke Paniai guna memperkuat pelayanan kesehatan primer yang fokus ke tindak promotif dan preventif.

Dengan Nusantara Sehat ini, kata Meki Nawipa, akan diperkuat pelayanan primer di titik-titik Puskesmas prioritas yang tersebar di Paniai.
Sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan, Pemkab Paniai juga mulai merancang dan melaksanakan revitalisasi Puskesmas secara terpadu. termasuk kerja sama pelayanan kesehatan bergerak di Paniai dan kabupaten sekitar.

Kemudian, terkait upaya mendukung pencegahan Covid-19 dan penguatan fasilitas tenaga kesehatan, Menkes Terawan menyerahkan bantuan 1.000 APD lengkap dan 3 oksigen concentrator untuk melengkapi pelayanan kesehatan di Paniai.

"Selanjutnya, Kementerian Kesehatan menyiapkan pola kerja sama antara Pemkab Paniai, Kemenkes dan perguruan tinggi dalam pengembangan SDM kesehatan di Paniai," demikian Bupati Meki Nawipa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA