Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei SMRC: Masyarakat Tidak Sepakat Investor Asing Mampu Tumbuhkan Ekonomi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 09 Agustus 2020, 16:34 WIB
Survei SMRC: Masyarakat Tidak Sepakat Investor Asing Mampu Tumbuhkan Ekonomi Indonesia
Ilustrasi
rmol news logo Mayoritas masyarakat Indonesia tidak sepakat bahawa memperbesar masuknya investor asing dapat meningkatkan ekonomi nasional.

Begitu salah satu temuan survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertema "Ekonomi Covid-19 dan Persepsi Publik Tentang Investasi Dari Luar Negeri", Minggu (9/8).

“Sekitar 54 persen warga tidak setuju dengan pendapat bahwa semakin banyak pengusaha dari luar negeri membuka usaha di negara kita maka semakin baik untuk ekonomi Indonesia. Yang setuju hanya 37 persen,” Peneliti dan manajer program di SMRC Saidman Ahmad dalam keterangannya.

Saidman menjelaskan, walapun sentimen terhadap investor dari luar negeri itu negatif. Tetapi ada sedikit variasi dilihat dari tiga kasus asal negara investor: Malaysia, RRC, dan Jepang.

“Hanya 30 persen dari warga yang setuju bahwa pengusaha dari RRC yang membuka usaha di Indonesia akan membuat ekonomi Indonesia semakin baik. Yang setuju dengan pengusaha dari Malaysia 33 persen, dan lebih tinggi untuk pengusaha dari Jepang 41 persen," katanya.

Survei ini dilakukan selama 29 Juli hingga 1 Agustus yang diikuti oleh 1.203 responden yang dipilih secara acak. Responden dipilih dengan catatan berusia 17 tahun ke atas, memiliki telepon dari 34 provinsi.

Margin of error survei yang dipakai plus minus 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA