Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem: Sektor Pertanian Perlu Digenjot Agar Bisa Keluar Dari Ancaman Resesi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 09 Agustus 2020, 19:29 WIB
Nasdem: Sektor Pertanian Perlu Digenjot Agar Bisa Keluar Dari Ancaman Resesi
Anggota Komisi IV DPR RI Charles Meikiyansyah/Net
rmol news logo Struktur produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang saat di angka 65 persen yang dipengaruhi oleh lima sektor yang besar yaitu industri, pertanian, perdagangan, konstruksi dan pertambangan.

Untuk itu, anggota Komisi IV DPR RI Charles Meikiyansyah menyebutkan, kementerian terkait harus menjadi lokomotif yang kencang untuk membelanjakan anggaran agar menjadi daya ungkit ekonomi.

"Jangan sampai seperti kuartal ke II di mana dari lima sektor utama hanya pertanian yang mencatatkan pertumbuhan positif," kata Charles lewat keterangan tertulis, Minggu (9/8).

"Butuh kerja keras semua pihak menyelamatkan Indonesia agar keluar dari ancaman resesi di kuartal ke III," imbuh politisi Partai Nasdem ini.

Charles menguraikan, terdapat dua capaian utama sektor pertanian dengan rendahnya inflasi dan meningkatnya ekspor pertanian April 2020 sebesar 12,66 persen atau 0,28 miliar dolar AS dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

"Dua capaian utama ini adalah pondasi penting sektor pertanian terutama Kementan untuk terus menggenjot capaian positif, setidaknya mampu menjadi rem bagi ekonomi Indonsia agar tidak terjerumus dalam resesi," jelasnya.

"Momentumnya ada di mana pandemi membuat krisis pangan mengancam seluruh negara dan Indonesia memiliki peluang untuk menyuplai pangan. Tinggal kitanya saja mau apa tidak," imbuhnya.

Menurutnya, dalam situasi sulit saat ini merupakan momentum besar untuk berbenah. Capaian positif sektor pertanian memberikan momentum untuk terus memperkuat ekonomi pertanian agar kedaulatan pangan dapat tercapai

"Karena dengan terus menjaga kinerja positif maka efek rembetan (multiplier effect) sangat luar biasa. Membaiknya permintaan sektor pertanian akan membuat naiknya harga jual pangan ditingkat petani. Artinya kesejahteraan akan meningkat," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA