Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perempuan Bisa Jadi Kunci Kemenangan Di Pilkada Surabaya 2020

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 10 Agustus 2020, 11:54 WIB
Perempuan Bisa Jadi Kunci Kemenangan Di Pilkada Surabaya 2020
Ilustrasi/RMOLNetwork
rmol news logo Sosok Tri Rismaharini yang telah memimpin Kota Surabaya selama dua periode memicu pandangan positif warga terhadap sosok perempuan sebagai pemimpin.

Karena itu, menurut Sekretaris DPD Lingkaran Pendamping Program Pemberdayaan (LPPP) Surabaya, Siti Nafsiyah, figur perempuan masih dibutuhkan untuk memimpin Surabaya pada saat ini.

"Itu realitas yang tak bisa dipungkiri, karena Bu Risma bisa melayani dan mengayomi warganya," kata Siti dalam diskusi daring, Minggu (9/8), dilansir Kantor Berita RMOLJatim.

Karena itu, pemimpin Surabaya pasca-Risma tak boleh lepas dari sentuhan perempuan. Tapi, karena situasi politik saat ini di man calon walikota semuanya laki-laki, maka perempuan bisa diplot sebagai calon wakil walikota.
 
Siti pun menyarankan, selain pertimbangan elektoral, calon wakil yang akan dipilih sebaiknya figur perempuan yang memiliki karakter kepemimpinan seperti Risma. Yakni suka blusukan, melayani, dan mengayomi warganya.

"Dari kandidat perempuan di antaranya Lia Istifhama, Dwi Astuti, Reni Astuti, maupun Dyah Katarina. Kita bisa lihat sendiri siapa yang banyak turun ke pasar, kampung, PKK, dan sebagainya. Sudah bisa kita lihat kok," imbuhnya.

Siti yakin, jika calon walikota bisa menggandeng calon wakil yang memiliki popularitas, elektabilitas yang tinggi, serta rajin menyapa masyarakat, maka peluang menangnya lebih besar.

"Peluang calon walikota memenangi Pilwali Surabaya lebih besar, kalau menggandeng calon wakil dari perempuan. Harapan saya, perempuan itu sudah terbukti melakukan penyapaan, berinteraksi, dan memberi manfaat kepada masyarakat," tuntasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA