Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Minus 2 Hingga 0 Persen, Prediksi Hendrawan Soal Pertumbuhan Ekonomi Pada Triwulan III

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 10 Agustus 2020, 12:58 WIB
Minus 2 Hingga 0 Persen, Prediksi Hendrawan Soal Pertumbuhan Ekonomi Pada Triwulan III
Anggota Komisi XI DPR RI, Hendrawan Supratikno/Net
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang merosot drastis pada triwulan II 2020, membuat banyak orang pesimistis bisa bangkit pad triwulan berikutnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan kedua pertumbuhan ekonomi nasional ambruk di angka -5,34 persen akibat dihantam pandemik Covid-19.

Sejumlah pengamat ekonomi memprediksi pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada triwulan III nanti masih tetap melemah.

Namun demikian, anggota Komisi XI DPR RI, Hendrawan Supratikno, memprediksi ekonomi Indonesia pada kuartal ketiga nanti akan sedikit membaik, meski belum maksimal.

“Saya juga memperkirakan begitu, kalau saya minus dua persen hingga nol persen,” ujar Hendrawan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (10/8).

“Sehingga nanti kuartal IV atau triwulan keempat, biasanya anggaran rutin pemerintah berjalan cepat, itu baru positif tapi sedikit ya,” imbuhnya.

Menurutnya, jika pemerintah mampu menyerap anggaran secara maksimal, maka pada triwulan ketiga ekonomi akan tumbuh positif. Namun, jika sebaliknya, maka tidak menutup kemungkinan pertumbuhan ekonomi masih berada di angka minus.

“Gini, kalau selama kuartal ketiga ini penggunaan anggaran berjalan efektif, tentu kita duga sudah plus sedikit sekali ya di triwulan ketiga. Kalau tidak, proses akselerasinya tidak ndelak-ndelik, triwulan ketiga ini masih minus lagi, meski minusnya mendekati nol ya,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA