Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tjahjo Kumolo Klaim Pemerintahan Jokowi Lebih Baik Ketimbang SBY, Demokrat: Tidak Baiklah Membandingkan

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 10 Agustus 2020, 14:47 WIB
Tjahjo Kumolo Klaim Pemerintahan Jokowi Lebih Baik Ketimbang SBY, Demokrat: Tidak Baiklah Membandingkan
Presiden Jokowi bersama Susilo Bambang Yudhoyono/Net
Menteri Pemerdayaan Aparatur negara dan Reformasi briokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo secara terang-terangan membandingkan pemerintahan Jokowi dengan SBY.

Hasilnya, pemerintahan Jokowi diklaim lebih efektif dan lebih baik dalam sisi manajerial dibandingkan pemerintahan SBY.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan Partai Demokrat, Herman Khaeron menyampaikan keberhasilan kepemimpinan SBY tidak terlepas dari pemerintahan sebelumnya.

“Padahal, waktu Pak SBY berhasil membangun ekonomi paska terjadinya krisis ekonomi juga tidak terlepas dari pembangunan oleh presiden-presiden sebelumnya. Bahkan kita berterimakasih kepada para pendahulu kita, yang sudah memerdekakan bangsa kita. Mungkin tanpa ada kemerdekaan tidak ada presiden juga,” ujar Herman kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (10/8).

Dengan kata lain, kata Herman, dia ingin menyampaikan kepada Tjahjo jejak sejarah kepemimpinan yang lalu tidak boleh dipandang sebelah mata apalagi membandingkan dengan kepemimpinan saat ini.

“Maksud saya, tidak baiklah membanding-bandingkan. Pasti ada kekurangan dan kelebihannya, kalau orang menilai bahwa di masa Pak SBY ekonomi stabil, pertumbuhan rata-rata enam persen. Situasi politik baik, demokrasi juga baik. Semestinya ini menjadi korektif, bahwa saat ini memang situasi ekonomi memang tidak baik. Bagaimana menuju ke sana,” ujarnya.

“Tapi, tidak harus dibentur-benturkan gitu lho. Tidak perlu seolah-olah terjadi kompetisi hasil, antar presiden bukan itu hakikatnya,” tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA