Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Skenario Pilihan Andai Presiden Jokowi Turun Tahta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 10 Agustus 2020, 17:27 WIB
Tiga Skenario Pilihan Andai Presiden Jokowi Turun Tahta
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Kondisi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat yang masih belum cukum untuk dikatakan baik memunculkan desakan agar Presiden Joko Widodo turun tahta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berbagai skenario pun bermunculan terkait bagaimana jalannya pemerintahan selanjutnya andai Jokowi benar-benar turun jabatan.

Pakar kebijakan publik, Amir Hamzah menyebutkan, skenario utama yang sangat mungki terjadi adalah naiknya Maruf Amin menjadi presiden.

“Setelah Jokowi mundur ada beberapa alternatif. Pertama, Maruf Amin naik menjadi presiden menggantikan Jokowi. Tentu banyak pihak yang tidak setuju Maruf Amin menjadi presiden,” ujar Amir Hamzah kepada wartawan, Senin (10/8).

Lanjutnya, alternatif kedua adalah rezim Jokowi-Maruf harus mundur semua dan digantikan calon presiden 2019 lainnya. Yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga apakah diterima publik? Apalagi sikap Prabowo sudah berbalik karena gabung Rezim Jokowi,” katanya.

Alternatif ketiga setelah Jokowi mundur, kata dia, adanya kabinet presidium di mana dalam jangka waktu satu sampai satu tahun setengah untuk mempersiapkan pemilu.

“Ketua presidium kabinet bisa Rizal Ramli, Din Syamsuddin karena memiliki kemampuan dan jaringan internasional. Alternatif ketiga pembentukan kabinet presidium paling netral setelah Jokowi mundur dari kursi Presiden,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA