Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wacana Gage 24 Jam, Pengamat: Kebijakan Jangan Memberatkan Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 11 Agustus 2020, 17:26 WIB
Wacana Gage 24 Jam, Pengamat: Kebijakan Jangan Memberatkan Masyarakat
Ilustrasi Ganjil Genap di DKI Jakarta/Net
rmol news logo Setiap kebijakan yang disusun pemerintah haruslah mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat. Jangan sampai kebijakan tersebut justru menjadi masalah baru.

Demikian disampaikan pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL terkait rencana Pemprov DKI yang akan menerapkan Ganjil Genap full 24 Jam.

"Jangan sampai sebuah kebijakan justru memberatkan masyarakat dan berpotensi memunculkan kerawanan," ucapnya, Selasa (11/8).

Menurut Trubus, jika memang Pemprov DKI mau memberlakukan Ganjil Genap selama 24 jam maka koordinasi dengan pihak terkait harus dilakukan juga sosialisasi secara masif kepada masyarakat.

"Tapi saya kira kebijakan ini sulit. Di atas kertas bisa. Praktiknya gimana?" tanya Trubus.

Selain itu yang tak kalah penting, lanjutnya, bagaimana pengawasan dari sebuah kebijakan dapat dilakukan. Jangan sampai Ganjil Genap 24 jam justru meningkatkan kriminalitas dan membahayakan masyarakat serta petugas.

"Gini aja, Gage kan sudah diberlakukan. Untuk mengendalikan aktivitas masyarakat maka persoalan dasarnya itu harus terpenuhi. Jika kebutuhan dasar tidak terpenuhi, maka dia (masyarakat) akan keluar rumah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA