Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Guspardi Gaus Apresiasi Langkah Pimpinan DPR Serap Aspirasi Buruh Untuk RUU Ciptaker

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 12 Agustus 2020, 10:46 WIB
Guspardi Gaus Apresiasi Langkah Pimpinan DPR Serap Aspirasi Buruh Untuk RUU Ciptaker
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus/Net
rmol news logo Komisi II DPR RI mengapresiasi pertemuan antara Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dengan perwakilan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan sejumlah serikat buruh lainnya di gedung parlemen, Senayan, Selasa (11/8).

Bagi anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus, pertemuan itu telah memberikan banyak masukan terkait RUU Cipta Kerja.

Menurutnya, ini adalah kesempatan dan momen yang tepat dan strategis untuk bisa didialogkan apa yang menjadi keinginan dan harapan dari pihak konfederasi yang mewakili kaum buruh untuk disampaikan kepada DPR, terutama anggota Panja yang sedang membahas RUU Cipta Kerja.

Guspardi menilai, usulan dan masukan yang disampaikan masing-masing perwakilan konfederasi serikat pekerja/serikat buruh merupakan catatan penting bagi DPR.

“Berbagai informasi penting yang kemukakan apalagi dalam bentuk konsep dan analisa yang sudah disiapkan oleh teman-teman serikat buruh tentunya ini bisa menjadi referensi bagi kami, anggota panja ketika melakukan pembahasan pada klaster tenaga kerja nantinya,” ujar Guspardi lewat keterangan persnya, Rabu (12/8).

Dengan adanya masukan dari pihak buruh tersebut, harapan dan keinginan dari mereka bisa diakomodir ke dalam batang tubuh RUU Cipta Kerja. Apalagi, selama ini pembahasan RUU Cipta Kerja oleh Badan Legislasi juga dilakukan secara terbuka dan siapapun boleh mengaksesnya, termasuk para buruh.

“Oleh karena itu janganlah kami ini dianggap sebagai lembaga hanya "stempel" saja. Tidak jarang terjadi silang pendapat, perbedaan pandangan dan perdebatan sengit dalam pembahasan pada rapat panja RUU Cipta kerja. Tetapi semangatnya adalah tetap dalam rangka untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara,” katanya.

Guspardi juga menegaskan bahwa Fraksi PAN mendukung usulan Sufmi Dasco untuk membentuk "Tim Kerja Bersama" di mana anggota tim ini terdiri dari konfederasi serikat pekerja/ buruh dan anggota panja RUU Cipta Kerja.

"Mudah-mudahan pertemuan ini menjadi sejarah penting bagi semua pemangku kepentingan  guna kesempurnaan terhadap pembahasan RUU Cipta Kerja, kususnya yg menyangkut tentang ketenagakerjaan,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA