Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kecam Penyerangan Di Solo, FSB Ajak Seluruh Organisasi Keagamaan Sebarkan Ajaran Cinta Kasih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 12 Agustus 2020, 17:08 WIB
Kecam Penyerangan Di Solo, FSB Ajak Seluruh Organisasi Keagamaan Sebarkan Ajaran Cinta Kasih
Ketum Forum Satu Bangsa, Hery Haryanto Azumy/Net
rmol news logo Tindakan intoleran yang berujung kekerasan menimpa keluarga almarhum Habib Segaf Al Jufri di Solo, Jawa Tengah tiga hari lalu.

Tindakan kekerasan yang mengatasnamakanumat Islam itu mendapat kecaman dari berbagai kalangan, salah satunya Forum Satu Bangsa.  

Ketua Umum Forum Satu Bangsa Hery Haryanto Azumi, menyampaikan keprihatinannya atas insiden kekerasan saat acara midodareni itu. Kata Hery, tindakan semacam itu dapat mengoyak sendi toleransi dan kebinekaan yang sejak lama terbangun di masyarakat.

"Apapun alasannya, tindakan tersebut tidak dapat dibenarkan. Perbedaan tidak dipandang sebagai berkah bagi bangsa, melainkan sebagai realitas yang mengkhawatirkan bagi sebagian orang yang berpandangan tertutup dan kerdil," demikian kata Hery saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (12/8).

Lebih jelas Mantan Ketua Umum PB PMII ini menjelaskan, FSB melihat bahwa tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini adalah kebodohan masyarakat yang mudah terpengaruh dengan pandangan asing yang justru merendahkan martabat bangsa.

"Kebodohan anggotanya yang telah terpengaruh oleh pandangan-pandangan asing yang cenderung merendahkan harkat dan martabat budaya adiluhung sendiri dan menafikan eksistensi kelompok lain yang berbeda pandangan," demikian ulasan Hery.

Terkait dengan kerja cepat aparat kepolisian menangkap pelaku penyerangan, Heru mengaku memberikan apresiasi. Tindakan cepat kepolisian akan memberikan kepastian hukum di tengah masyarakat.

"Tindakan cepat Kepolisian ini memberikan suatu kepastian hukum bagi setiap warga negara dan menjadi pelajaran penting bagi kelompok intoleran untuk tidak mengulangi lagi perbuatan-perbuatannya. Aksi-aksi intoleran tidak boleh dibiarkan karena akan berkembang menjadi terorisme yang lebih berbahaya," papar Hery.

Terkait dengan faktor terjadinya penyerangan, Forum Satu Bangsa mengajak segenap warga bangsa agar tidak terjebak ke dalam proxy war yang melibatkan isu Sunni-Syi'i di tanah air. Senyatanya, perbedaan telah menjadi khazanah bahkan sejak awal agama Islam berkembang di tanah Arabia.

"Forum Satu Bangsa mengajak seluruh organisasi keagamaan untuk selalu bahu membahu menyebarkan ajaran-ajaran agama yang penuh rahmah dan cinta kasih. Dengan selalu merawat kebhinekaan ini, agama akan menjadi faktor positif kemajuan bangsa," pungkas Hery. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA