Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Mentor Gibran, Zulhas Pesan Jaga Pancasila Dan Ulama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 13 Agustus 2020, 11:38 WIB
Jadi Mentor Gibran, Zulhas Pesan Jaga Pancasila Dan Ulama
Kandidat calon walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat bertamu ke Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan/Ist
rmol news logo Pertemuan antara kandidat calon walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka dengan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan pada Rabu (12/6) kemarin menyisakan sejumlah pertanyaan. Khususnya mengenai pernyataan Zulkifli Hasan yang menyebut siap jadi mentor politik putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas pun memberi jawaban sederhana atas pertanyaan yang disampaikan oleh para kolega, baik politisi senior maupun pejabat tinggi negara.

Menurutnya, anak muda calon pemimpin itu sudah punya banyak hal, mulai dari ide, kreativitas, inovasi, hingga optimisme. Tapi kadang mereka tidak memiliki visi kebangsaan.

“Nah tugas kita yang senior mengajarkan visi kebangsaan ini,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (13/8).

Zulhas mengurai bahwa ada empat pesan khusus yang disampaikan kepada Gibran. Pertama, dia meminta ayah Jan Ethes itu untuk tidak melupakan perjuangan para pendiri bangsa.

Sebab mereka, sambung Zulhas, menginginkan persatuan, memperjuangkan persatuan dengan keringat dan darah, hingga mengorbankan nyawa.

“Jangan sampai politik yang kita bangun hari ini justru mendorong perpecahan,” terangnya.

Kedua, Zulhas mengingatkan bahwa NKRI dan Pancasila adalah hasil kesepakatan atau konsensus yang harus dijaga betul. Termasuk diperjuangkan agar masyarakat bisa merasakan betapa indahnya jika Pancasila ditafsirkan dan diimplementasikan dengan benar.

Selanjutnya, Zulhas meminta Gibran tidak melupakan perjuangan para ulama. Sebab mereka berjuang untuk tegaknya negeri ini.

“Tanpa para ulama, negara ini kehilangan kompas rohaninya. Selalu bersama mereka adalah cara terbaik untuk terus menjaga bangsa ini di rel yang benar,” urainya.

Terakhir, wakil ketua MPR ini meminta Gibran untuk selalu bergandengan dengan dua sayap yang menjaga negeri ini, Muhammadiyah dan NU.

Kedua ormas Islam terbesar ini, kata Zulhas, telah membuktikan bahwa berjuang untuk Indonesia masa depan, melalui syiar, pendidikan, kebudayaan, kesehatan dan lainnya.

“Jadikan keduanya, juga organisasi-organisasi lain yang punya nafas perjuangan yang sama seperti Persis, al-Washliyah, Perti, al-Irsyad, Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia, dan lainnya sebagai sahabat dan penuntun,” tegasnya.

“Saya mewakafkan diri saya untuk menjadi mentor anak-anak muda calon pemimpin bangsa, siapapun di seluruh Indonesia, mengingatkan mereka betapa penting visi kebangsaan ini. Dari para calon pemimpin muda itu, Gibran adalah salah satunya,” demikian Zulkifli Hasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA