Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersiap Hadapi Resesi, Rizal Ramli: Generasi Milenial Jangan Jorjoran Dan Gampang Ngutang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 13 Agustus 2020, 16:34 WIB
Bersiap Hadapi Resesi, Rizal Ramli: Generasi Milenial Jangan Jorjoran Dan Gampang Ngutang
Rizal Ramli/Net
rmol news logo Resesi ekonomi menjadi ancaman yang kian nyata di tengah pandemik Covid-19 bagi Indonesia. Terlebih, pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua tercatat minus 5,32 persen.

Meski Indonesia belum berada di dasar jurang resesi ekonomi, ekonom senior Rizal Ramli menyebutkan, rakyat sudah merasakan dampak krisis akibat pandemi Covid-19.

Dikatakan Rizal, salah satu yang rentan dihantam krisis adalah generasi milenial. Karena itu, dia memberikan tips pada milenial agar bisa menghadapi resesi ekonomi dan melewatinya dengan mulus.

Menurut Rizal, generasi milenial harus pandai mengelola keuangan di masa pandemik. Jangan terlalu banyak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak diperlukan.

"Memang dalam suasana krisis ini, rajanya adalah uang tunai. Jadi kepada milenial hati-hati soal keuangan, jangan jorjoran," ujar Rizal kepada wartawan, Kamis (13/8).

Jika sewaktu-waktu situasi keuangan betul-betul memburuk, Rizal menyarankan milenial untuk tidak gampang mengambil alternatif dengan utang.

"Kalau memang sulit (keuangan) enggak ada cash, terpaksa (harus) jual aset," tambahnya.

Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 minus 5,32 persen. Realisasi itu terjun bebas dari capaian kuartal I yang masih tumbuh 2,97 persen.

Suatu negara dikategorikan mengalami resesi apabila pertumbuhan ekonominya dua kuartal berturut-turut mengalami kontraksi atau minus. Artinya, ekonomi RI masuk jurang resesi bila realisasi kuartal III beberapa bulan ke depan kembali terkontraksi.

"Kalau bisa saya simpulkan, resesi sudah terjadi. Yang belum resesi itu hanya pejabat doang," tegas Rizal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA