Bedah Masalah Narkoba, Menpora: Gagal Mendidik Generasi Muda, Gagal Membangun Bangsa

Webinar Perempuan Jenggala menyambut HUT 75 RI/Net

Menyambut hari ulang tahun ke 75 Republik Indonesia, Perempuan Jenggala gelar seminar membedah bahaya narkoba pada generasi muda.

Seminar yang bekerjasama dengan Kongres Perempuan Indonesia mengangkat tema “Generasi Unggul, Bebas Narkoba” dan digelar secara virtual, Kamis (13/8).

Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W. Kartiwa menyebutkan, bahwa rangkain acara tersebut merupakan kontribusi kepedulian pada generasi muda di hari kemerdekaan.

“Kami menyelenggarakan webinar ini sebagai bentuk dedikasi dan kontribusi kami pada bangsa. Terutama mengisi hari kemerdekaan yang akan datang," kata Vicky saat membuka acara.

Memaknai kemerdekaan Indonesia, kata Vicky, dapat diimplementasikan dengan banyak cara termasuk mendorong terciptanya SDM berkualitas dan generasi muda yang unggul.

Akan tetapi, di tengah pandemi Covid-19 ini, ternyata tingkat konsumsi narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (narkoba) justru meningkat.

"Timbul spekulasi karena banyaknya orang stres akibat kegiatan bisnis yang tidak aktif. Terlebih, belakangan ini pengguna narkoba masih berusia muda dan termasuk kelompok usia produktif," katanya.

Hadir sebagai pembicara kunci, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan, masalah penyalahgunaan narkoba menjadi permasalahan yang serius terutama yang melibatkan generasi muda atau generasi milenial saat ini.

Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh harus dilaksanakan perhatian khusus sedini mungkin.

“Kegagalan dalam mendidik generasi muda sama dengan kegagalan membangun bangsa. Keutamaan yang paling pokok untuk menjadikan mereka sebagai generasi unggul adalah membangun etos kerja produktif, terampil, kreatif, disiplin dan profesional dengan cara membaskan mereka dari narkoba,” ujar Zainudin.

Lebih lanjut, dia menjelaskan diperlukan sikap dan pembinaan karakter dalam menghadapi persaingan global serta berbagai ancaman yang mengintai para generasi muda. Di samping juga mengajak seluruh kaum muda dan masyarakat umum untuk bersama-sama menjadikan budaya anti penyalahgunan narkoba sebagai bagian dari gaya hidup.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yunis Farida Oktaris, Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN), bahwa saat ini orang tua perlu mendampingi perkembangan anak-anaknya untuk tegas menyatakan sikap anti penyalahgunaan narkoba.

Terkait hal tersebut, Yunis menjelaskan, bahwa BNN hari ini juga fokus pada bagaimana mana menciptkan pola pendampingan orang tua terhadap anggota keluarga, terutama di masa pandemik ini.

“Ketahanan keluarga juga menjadi perhatian BNN. Untuk pembinaan ketahanan keluarga, orang tua dilatih untuk merubah perilaku anak menjadi lebih baik," ujarnya.

"Kenapa keluarga? Karena apabila ada satu anggota keluarga yang terpapar narkoba akan mempengaruhi anggota keluarga yang lain," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

BREAKING NEWS: Pasar Cepogo Boyolali Terbakar

Kamis, 17 September 2020
Video

Menguji Erick Thohir dan Jokowi, Kejanggalan Pertamina Gamblang Diurai Ahok

Jumat, 18 September 2020

Artikel Lainnya

Peringatan Muhammadiyah: Elite Jangan Manfaatkan Pandemi Covid-19 Sebagai Komoditas Politik
Politik

Peringatan Muhammadiyah: Eli..

21 September 2020 12:55
Terjangkit Covid-19, Menag Fachrul Razi Jalani Karantina Di Rumah Sakit
Politik

Terjangkit Covid-19, Menag F..

21 September 2020 12:47
Pilkada Bisa Jadi Awal Keretakan Jokowi Dengan NU Dan Muhammadiyah
Politik

Pilkada Bisa Jadi Awal Keret..

21 September 2020 12:45
Ben Bland: Kontradiksi Jokowi Bikin Investor Hingga Kelompok Akademisi Bingung
Politik

Ben Bland: Kontradiksi Jokow..

21 September 2020 12:39
Andi Arief: Ada Sinyal Hanya 31 Persen Partisipasi Pemilih, So?
Politik

Andi Arief: Ada Sinyal Hanya..

21 September 2020 12:29
Keadaan Mendesak, Muhammadiyah Desak Jokowi Terbitkan Perppu Penundaan Pilkada
Politik

Keadaan Mendesak, Muhammadiy..

21 September 2020 12:26
Muhammadiyah Minta Presiden Evaluasi Penanganan Covid-19, Bila Diperlukan Ambil Alih Dan Pimpin Langsung
Politik

Muhammadiyah Minta Presiden ..

21 September 2020 12:13
Dukung Keluarga Jokowi, Saiful Anam: Kemungkinan Untuk Mengamankan Gerindra Dan Bisnis Sandiaga
Politik

Dukung Keluarga Jokowi, Saif..

21 September 2020 12:05