Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Puji Kerja Cepat MPR, DPR, Dan DPD Dalam Membajak Momentum Krisis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 14 Agustus 2020, 15:12 WIB
Jokowi Puji Kerja Cepat MPR, DPR, Dan DPD Dalam Membajak Momentum Krisis
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Pidato Kenegaraan di Gedung MPR/DPR, Jumat (14/8)/Repro
rmol news logo Presiden Joko Widodo mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh anggota dewan di Senayan yang telah responsif dan bekerja cepat dalam mendukung penanganan pandemik Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Kita beruntung dan berterima kasih atas dukungan dan kerja cepat dari Pimpinan dan anggota lembaga-lembaga negara yang melakukan langkah-langkah extraordinary dalam mendukung penanganan krisis dan membajak momentum krisis untuk menjalankan strategi-strategi besar bangsa,” kata Jokowi dalam pidato kenegaraannya, di Gedung Parlemen, Senayan, Jumat (14/8).

Kerja cepat yang dilakukan DPR RI, dicatat Jokowi sangat responsif. Terlihat dengan adanya pembahasan serta mengesahkan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 menjadi Undang-Undang untuk memberikan payung hukum dalam mengatasi krisis kesehatan dan perekonomian. Pun dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2020 yang telah menjadi Undang-Undang untuk melandasi penundaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga memberikan penghargaan kepada MPR RI yang memiliki program MPR Peduli Covid-19 dan mensosialisasikan sistem ketatanegaraan Indonesia.

“MPR dengan cepat membuat payung program baru 'MPR Peduli Covid-19' serta terus melakukan sosialisasi dan aktualisasi Pancasila serta pengkajian sistem ketatanegaraan dan konstitusi kita,” katanya.

Meski bekerja keras untuk pendukung penanganan Covid-19 ini bersama pemerintah, Jokowi juga mengapresiasi kerja DPR dan MPR lantaran agenda-agenda legislasi yang lain tetap berjalan efektif.

Antara lain pembahasan RUU Pertambangan Mineral dan Batu Bara serta RUU Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19.

“Respons cepat juga dilakukan oleh DPD terhadap permasalahan mendesak yang dihadapi oleh daerah. Mulai dari pemberdayaan ekonomi rakyat melalui BUMDes, peningkatan daya saing daerah, dan dukungan penerapan protokol kesehatan dengan menyiapkan 9 RUU usul inisiatif DPD dan beberapa agenda lain sesuai bidang tugas DPD,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA