Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Pidato Kenegaraan Di Sidang Tahunan MPR, Massa Aksi Buruh Tertahan Di Depan TVRI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 14 Agustus 2020, 15:39 WIB
Jokowi Pidato Kenegaraan Di Sidang Tahunan MPR, Massa Aksi Buruh Tertahan Di Depan TVRI
Aksi massa tertahan di depan TVRI saat ingin demonstrasi saat sidang tahunan MPR/RMOL
rmol news logo Pidato Presiden Joko Widodo dalam sidang tahunan MPR 2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/8) diwarnai aksi demonstrasi dari kaum buruh.

Massa dari sejumlah elemen berkumpul di dekat Gedung DPR/MPR RI, di dekat Gedung TVRI karena tertahan penjagaan ketat aparat kepolisian tepatnya .

Massa yang berasal dari Gerakan Serikat Buruh Indonesia (GSBI), Front Perjuangan Rakyat (FPR) hingga Front Mahasiswa Nasional (FMN), tidak bisa menyampaikan aspirasinya dihadapan Gedung Parlemen Senayan, karena  Polisi memasang kawat berduri di sepanjang jalan Pemuda arah Tomang.

Karena itu, massa aksi dan mobil komandonya tertahan di depan aparat kepolisian yang berjaga.

Ratusan massa aksi buruh ini membaea sejumlah atribut yang menyatakan menolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja. Sejumlah orasi politik disuarakan oleh sejumlah massa aksi dari berbagai elemen organisasi yang telah berkumpul.

Sebelumnya, aparat kepolisian juga telah menyampaikan keterangnnya melarang adanya aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR. Pasalnya, Presiden Joko Widodo akan menyampaikam pidato kenegaraan.

"Kami sudah antisipasi bahwasanya tidak boleh sama sekali demo. Hari ini tidak boleh demo di depan kantor DPR karena hari ini ada kegiatan pidato kenegaraan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat pagi tadi.

Untuk penjagaan sidang tahunan dan pidato kenegaraan Presiden Jokowi, kepolisian telah menyiagakan pengamanan.

Total 6.300 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan jalannya acara.

Selain itu, jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah menerapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung DPR/MPR RI. Hanya saja, rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA