Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli: Jangan Bandingkan Indonesia Dengan Singapura, Mereka Resesi Tetap Bisa Kasih Makan Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 14 Agustus 2020, 21:43 WIB
Rizal Ramli: Jangan Bandingkan Indonesia Dengan Singapura, Mereka Resesi Tetap Bisa Kasih Makan Rakyat
Rizal Ramli/Repro
rmol news logo Ekonom senior DR. Rizal Ramli mengingatkan agar pemerintah tak menganggap enteng ancaman resesi di depan mata. Mantan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) itu juga meminta agar pemerintah tidak membandingkan kondisi perekonomian Indonesia dengan negara tetangga Singapura.

“Jangan sok jago bandingkan situasi Indonesia lebih bagus dari Singapura yang lebih anjlok. Pendapatan rakyat Singapura sama seperti negara maju sekitar 59.590 dolar AS," ujar Rizal Ramli saat menjadi pembicara diskusi virtual, Jumat (14/8).

"Jadi sesusah-susahnya Singapura, mereka bisa kasih makan rakyat. Kita mah enggak. Yang lapar makin banyak," sambungnya sambil membandingkan pendapatan per kapita Singapura dengan pendapatan per kapita Indonesia yang hanya sebesar 4.000 dolar AS.

Mantan Menko Perekonomian itu menambahkan, meski Indonesia disebutkan belum memasuki jurang resesi, namun pertumbuhan ekonomi pada kuartal II tahun 2020 sudah berada di titik minus 5,32 persen. Tidak dapat dipungkiri, ini adalah situasi yang mengkhawatirkan.

“Jadi indikatornya bukan hanya pertumbuhan ekonomi tapi indeks kemanusiaannya. Cukup enggak makanan, pendidikannya bagus enggak? Itu yang harusnya jadi indikator," demikian Rizal. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA