Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

M Qadari: Pemilu Saja Rumit, Bagaimana Teknis Implementasi Vaksin Covid-19?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 18 Agustus 2020, 22:57 WIB
M Qadari: Pemilu Saja Rumit, Bagaimana Teknis Implementasi Vaksin Covid-19?
Ilustrasi vaksin covid-19/Net
rmol news logo Pengamat politik M Qadari mempertanyakan bagaimana implementasi teknis pemerintah untuk memberikan vaksin virus corona baru (Covid-19) terhadap 270 juta lebih penduduk Indonesia.

“Siap yang duluan, bagaimana mekanismenya. Itu kalau tidak diatur dari sekarang bisa menimbulkan keributan dan kerusuhan sosial, karena orang ingin mendapatkan vaksin secepat-cepatnya,” kata Qadari saat menjadi pembicara ILC bertajuk “75 Tahun Indonesia Maju”, Selasa malam (18/8).

Qadari tak bisa membayangkan bahwa Indonesia mengadakan Pemilihan Umum (Pemilu) saja rumit, banyak data pemilih yang tidak cocok bagaimana memberikan vaksin terhadap seluruh penduduk yang jumlahnya besar.

“Pemilu itu hanya diikuti oleh orang dewasa, sementara vaksin akan diikuti mulai dari bayi sampai kakek dan nenek,” tandasnya.

Di sisi lain, Qadari tidak melihat ada “lompatan besar" yang dimaksud oleh Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya.

“Saya menilai tapi mesti dikaji lebih dalam, rasa-rasanya pidato itu belum menggambarkan adanya lompatan besar, ada lompatan tapi kecil,” imbuhnya.

Untuk mewujudkan maksud lompatan besar itu, menurut Qadari, Presiden Jokowi  harus menyusun bidang-bidang yang harus diprioritaskan untuk ditangani pada saat ini yaitu kesehatan, bantuan sosial, pangan atau pertanian.

Selain itu, bidang lainnya diantaranya teknologi informasi dan terakhir membangun satu data atau big data.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA