Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JK: 75 Tahun Merdeka, Keamanan Nasional Sudah Lebih Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 19 Agustus 2020, 01:58 WIB
JK: 75 Tahun Merdeka, Keamanan Nasional Sudah Lebih Baik
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla/Net
rmol news logo Setelah 75 tahun merdeka, dari sisi keamanan nasional saat ini telah mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita tentu banyak masalah-masalah yang harus kita hadapi. Kalau dari Sisi keamanan, saya kira alhamdulillah, memang masih ada sedikit beberapa tempat di Papua,” ujar mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam tayangan Indonesia Lawyer Club, Selasa malam (18/8).

JK merinci selama 75 tahun Indonesia merdeka, terdapat 15 konflik besar. Konflik besar yang dimaksudkan JK yakni konflik yang memakan korban lebih dari 1.000 orang. Seperti peristiwa, MRS, DI/TII, Permesta, konflik di Aceh, Poso dan Ambon.

Menurutnya, semua konflik yang ada di Indonesia tersebut dikarenakan tidak adanya keadilan. Sehingga, permasalahan keadilan merupakan akar permasalah yang cukup pelik di Indonesia.

“Semua itu, inti pokoknya karena apa daerah-daerah itu bergolak, karena masalah keadilan, 10 dari 15 konflik itu rasa keadilan. Rasa tidak adil," katanya.

"Karena itulah, maka sesuai dengan tujuan dalam konstitusi kita menciptakan masyarakat adil dan makmur, itu tentu menjadi bagian utama dari upaya kita semua,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA