Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei: Sumbar, Jakarta Dan Jabar Paling Efektif Terapkan PSBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 20 Agustus 2020, 20:45 WIB
Survei: Sumbar, Jakarta Dan Jabar Paling Efektif Terapkan PSBB
Ilustrasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)/Net
rmol news logo Efektifitas penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Covid-19) dijadikan salah satu materi survei Indikator Politik Indonesia.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, dari 304 responden yang berasal dari pemuka opini atau tokoh masyarakat menilai beberapa daerah efektif menerapkan PSBB.

Disebutkan oleh Burhanuddin, para responden diminta memberikan penilaian 0 sampai 100 terkait pelaksanaan PSBB di seluruh provinsi di Indonesia. Hasilnya, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Barat dianggap sebagai daerah yang paling efektif.

"Sumatera Barat skornya paling tinggi yaitu 67 persen," ujar Burhanuddin dalam rilis survei bertajuk 'Efek Kepemimpinan dan Kelembagaan Dalam Penanganan Covid-19, yang digelar virtual, Kamis (20/8).

Sementara untuk DKI Jakarta dan Jawa Barat mendapatkan skor 66,3 persen. Disusul Jawa Tengah dengan skor 65,8 persen, Riau dengan skor 62,3 persen, Sumatera Selatan 60,3 persen, dan Banten dengan skor 60,1 persen.
 
Kemudian di urutan selanjutnya ada Papua dengan skor 59,8 persen, Sulawesi Selatan 56,2 persen dan Jawa Timur 53,9 persen.

Burhanuddin kemudian membagi respoden ke dalam empat ketegori. Terdiri akademisi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), media massa, dan pengusaha. Kategori akademisi menilai penerapan PSBB di Sumatera Barat efektif dengan skor 68,8 persen. Namun di kalangan pengusaha lebih rendah, dengan skor 62,7 persen.

"Mungkin pengusaha mengalami dampak adanya PSBB," sambungnya.

Sedangkan penerapan PSBB di Jawa Timur dinggap kurang efektif di semua kategori. Paling utama di ketegori media masa yang hanya mendapat skor 51,8 persen. Tapi pengusaha setempat justru cukup beranggapan efektif dengan skor 58 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA