Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenko Perekonomian: Acara RKTM Di Bali Terapkan Protokol Kesehatan Dengan Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 24 Agustus 2020, 17:23 WIB
Kemenko Perekonomian: Acara RKTM Di Bali Terapkan Protokol Kesehatan Dengan Ketat
Suasana disela Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) di Bali/Net
rmol news logo Kemenko Perekonomian bersama dengan kementerian di lingkup koordinasi bidang perekonomian menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) di Bali, 21–22 Agustus 2020.

Rapat koordinasi ini dihadiri langsung oleh sembilan menteri, yakni Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Pertanian, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Koperasi dan UKM, dan Wakil Menteri BUMN.

Selain itu, turut hadir pula lima menteri secara virtual, yaitu Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Perhubungan, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono menegaskan, pelaksanaan acara RKTM wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Semua peserta wajib swab test, orang yang ada di lokasi rapat dilakukan dengan physical distancing, penyediaan dan penggunaan masker dan hand
sanitizer, termasuk saat kunjungan ke lapangan," kata Susiwijono dalam keterangannya, Senin (24/8).

Susiwijono menjelaskan, seluruh peserta rapat dari Kemenko Perekonomian sebanyak 13 peserta yang terdiri dari pejabat eselon 1 dan staf khusus.

"Semua diwajibkan melakukan swab test di Jakarta sebelum berangkat ke Bali dan setelah hasilnya negative Covid-19, baru bisa mengikuti RKTM dan berangkat ke Bali," ujarnya.

Hal ini sekaligus menepis anggapan bahwa RKTM tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan karena viral foto beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju viral di media sosial lantaran berpose bersama-sama tanpa menggunakan masker usai RKTM di Bali.

Adapun terkait foto, Susiwijono menjelaskan, yang beredar di media sosial, dapat dijelaskan bahwa foto tersebut diambil saat diadakan sesi foto bersama para menteri dan peserta rapat lainnya.

"Sesi foto bersama dilaksanakan di suasana alam terbuka (outdoor), di bawah terik matahari, dan dilaksanakan dalam dua skema, menggunakan masker dan melepas masker dan setelah sesi foto masker langsung digunakan kembali," jelasnya.

Sambungnya, acara rapat ini juga diliput secara terbuka oleh seluruh media, baik cetak, elektronik, dan online dari lokal Bali maupun wartawan nasional. Serta diselenggarakan juga acara konferensi pers dan foto bersama yang diliput oleh seluruh media.

"Sehingga seluruh media bisa menyaksikan sendiri secara langsung bahwa dalam keseluruhan pelaksanaan acara, selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, tanpa mengurangi efektifitas acara," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA