PNS Dapat Tunjangan Pulsa, Fahira Idris: Semoga Untuk Pelajar Dan Guru Segera Menyusul

Anggota DPD RI, Fahira Idris/Istimewa

Harus diakui, pada masa pandemik Covid-19 seperti saat ini, kebutuhan pulsa dan kuota internet bisa dibilang sudah sejajar kebutuhan pokok seperti makan dan minum.

Kebutuhan pulsa atau data yang meningkat di masa pandemik ini dialami hampir semua kalangan. Mulai dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai swasta, hingga pelajar dan guru yang saat ini sebagian besar melakukan pembelajaran jarak jauh.

Untuk itulah, Pemerintah berencana memberikan tunjangan pulsa bagi PNS di seluruh Kementerian/lembaga (K/L) sebesar Rp 200 ribu per bulan.

Menanggapi rencana tersebut, anggota DPD RI, Fahira Idris mengungkapkan, di masa pandemik ini banyak lapisan masyarakat mengandalkan pulsa atau data untuk mendukung aktivitas, baik bekerja maupun belajar. Sehingga, karena sebagian besar masyarakat terdampak, kebijakan Pemerintah tentang subsidi pulsa atau data ini idealnya harus diterapkan secara lebih komprehensif.

“Konkretnya adalah di saat Pemerintah berencana akan memberikan tunjangan pulsa kepada seluruh PNS di Kementerian/Lembaga, di saat yang bersamaan idealnya juga harus ada kebijakan subsidi atau bantuan pulsa/data buat lapisan masyarakat lain yang membutuhkan. Misalnya yang paling utama membutuhkan saat ini adalah pelajar dan guru. Saya berharap program subsidi data/pulsa dari Pemerintah buat pelajar dan guru segera menyusul,” ujar Fahira Idris di Jakarta, Rabu (26/8).

Menurut Fahira, salah satu tujuan pemberian tunjangan pulsa buat PNS adalah untuk mendukung tugas dan kinerja K/L dalam masa pandemik Covid-19 yang harus WFH agar bisa kerja di mana saja, cukup beralasan.

Selama pos anggarannya tersedia dan tidak mengganggu keuangan negara, kebijakan ini diharapkan benar-benar tepat sasaran dan dampaknya terhadap peningkatan kinerja K/L dapat dilihat dan dirasakan masyarakat.

Namun, idealnya, Pemerintah saat ini juga harus sudah punya program yang konkret soal pemberian subsidi untuk proses pembelajaran jarak jauh sehingga bisa segera direalisasikan. Mengingat proses pembelajaran jarak jauh sudah berjalan lebih dari 4 bulan.

“Kita berharap tujuan diberikan tunjangan pulsa bagi PNS yaitu untuk mendukung tugas dan kinerja K/L dalam masa pandemik Covid-19 yang harus WFH agar bisa kerja di mana saja benar-benar bisa dirasakan rakyat dampaknya yaitu misalnya Pemerintah mampu membuat ekonomi kita bisa tetap bertahan di tengah pandemi. Atau dengan diberikan tunjangan pulsa ini, pelayanan publik oleh PNS tidak terganggu dan semakin baik," lanjut Senator Jakarta ini.

"Namun Pemerintah juga tolong pikirkan dan segera realisasikan program subsidi data atau pulsa terutama untuk pelajar dan guru. Program subsidi pulsa atau data bagi pelajar dan guru juga tidak kalah penting saat ini,” demikian Fahira Idris.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Sosok Mayat Mengapung di Sungai Gegerkan Warga Grobogan

Minggu, 22 November 2020
Video

Laporkan Rektor ke KPK, Frans Josua Napitu Dirumahkan oleh UNNES

Senin, 23 November 2020
Video

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang

Senin, 23 November 2020

Artikel Lainnya

Azis Syamsuddin Akan Lapor Mendagri Soal Kekosongan Jabatan Wagub Aceh
Politik

Azis Syamsuddin Akan Lapor M..

23 November 2020 17:48
Pangdam Jaya Akan Ambil Tindakan Tegas Jika Ada Yang Nekat Gelar Reuni 212
Politik

Pangdam Jaya Akan Ambil Tind..

23 November 2020 17:48
Marwan Jafar: Buang-buang Energi, Hentikan Kegaduhan Nasional
Politik

Marwan Jafar: Buang-buang En..

23 November 2020 17:37
Pangdam Jaya Usul FPI Dibubarkan, Sekjen PKS: Aneh, Offside Kalau Dia Yang Bicara
Politik

Pangdam Jaya Usul FPI Dibuba..

23 November 2020 17:00
Soal Wakil Menteri Perhubungan, Aziz Syamsuddin: Kita Ikut Saja, Itu Kewenangan Presiden
Politik

Soal Wakil Menteri Perhubung..

23 November 2020 16:40
FSB: Perlu Sosok Negarawan Hentikan Kegaduhan Nasional
Politik

FSB: Perlu Sosok Negarawan H..

23 November 2020 16:38
Surya Paloh Positif Covid-19, Politikus Nasdem: InsyaAllah Bisa Disembuhkan, Mohon Doanya
Politik

Surya Paloh Positif Covid-19..

23 November 2020 16:36
Sekjen PKS: Habib Rizieq Bagus Di Ormas Saja, Badannya Lebih Leluasa
Politik

Sekjen PKS: Habib Rizieq Bag..

23 November 2020 16:21