Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tudingan IPW Butuh Bukti, Pengamat: Jangan Lupa Maruf Amin Juga Punya Kuasa

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 27 Agustus 2020, 15:45 WIB
Tudingan IPW Butuh Bukti, Pengamat: Jangan Lupa Maruf Amin Juga Punya Kuasa
Wakil Presiden RI, Maruf Amin/RMOL
Tudingan masih adanya orang-orang yang dekat dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla di lingkungan Kantor Sekretariat Wapres harus disertai dengan bukti yang valid.

Sebab tudingan yang disampaikan Presidium Indonesia Police Watch (IPW) soal Istana Wakil presiden banyak dikuasai orang-orang JK itu sebenarnya bisa dibantah dengan mudah.

Menurut pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, Wakil Presiden RI saat ini, Maruf Amin memiliki kuasa penuh di lingkungan kerjanya.

"Jika Wapres sekarang Pak Maruf Amin mau ganti (staf) kan bisa, Pak Maruf punya kuasa. Pergantian staf bisa sangat mudah dilakukan Maruf Amin," kata Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/8).

Bagi Ujang, orang-orang yang ada di kantor Sekretariat Wapres merupakan pegawai berstatus aparatur sipil negara (ASN), bukan diisi oleh bagian kelompok politik ataupun Wapres yang pernah berkuasa.

"ASN itu bukan orangnya JK atau orangnya siapa. Kalau para ASN itu diangkat jabatannya oleh JK pada masanya, iya. Tapi belum tentu juga mereka orang JK," pungkas Ujang.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA