Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Giliran Emak-emak Ngadu Ke RR, Izin Usaha Sulit Hingga Potret Buruknya Pendidikan Di Masa Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 27 Agustus 2020, 16:40 WIB
Giliran Emak-emak Ngadu Ke RR, Izin Usaha Sulit Hingga Potret Buruknya Pendidikan Di Masa Corona
Puluhan Emak-emak ngadu ke Rizal Ramli soal permasalahan bangsa/RMOL
rmol news logo Keluhan tentang kinerja pemerintah era Presiden Joko Widodo terus mengalir ke begawan ekonomi Indonesia, Rizal Ramli.

Kali ini, aduan diterima RR, sapaan Rizal Ramli dari puluhan emak-emak di kantornya, Jalan Kalibata IV, Jakarta Selatan, Kamis (27/8). Sejumlah emak-emak yang mayoritas sebagai pengusaha UMKM menyampaikan sejumlah persoalan yang mereka hadapi.

Seperti halnya anggota Komunitas Pepes, Wulan. Ia mengeluhkan perihal izin berusaha yang sulit didapat, terutama untuk yang berada di level usaha ultra mikro.

"Mereka butuh akses permodalan, perizinan dan perizinan sulit, biayanya mahal. Ini yang ingin kami sampaikan," ujar Wulan kepada RR.

Selain itu, perwakilan OK OCE Jakarta Selatan bernama Susilowati secara spesifik meminta kepada pemerintah memberikan fasilitas BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi UMKM.

"Saya berharap dengan carut marutnya BPJS yang terjadi di negara ini, mungkin ada persentasi berapa atau bagaiamana tentang iuran BPJS Kesehatan. Harapan saya tidak hanya untuk kesehatan aja, tapi juga ketenagakerjaan. Karena pegiat UMKM itu rata-rata punya pegawai, kalau bisa itu dicover," tuturnya.

Keluhan lain juga disampaikan kelompok emak-emak yang diwakili seorang tenaga pendidik bernama Anna. Dia mengungkap potret buram proses pendidikan di Indonesia selama masa pandemik Covid-19.

"Jadi kendala daring ini sangat banyak, terutama yang ekonomi menengah ke bawah, apalagi kalau punya 1 handphone anaknya 3. Akhirnya gurunya harus mengerti," keluh Anna.

"Terkendala lagi selain mereka handphone-nya terbatas, mereka yang dari menengah ke bawah sulit dalam hal kuota," demikian Anna. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA