Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov DKI Sudah Maksimal Jalankan 3T, Fahira Idris: Kita Balas Dengan 3M

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 28 Agustus 2020, 15:36 WIB
Pemprov DKI Sudah Maksimal Jalankan 3T, Fahira Idris: Kita Balas Dengan 3M
Anggota DPD RI, Fahira Idris, ajak warga Jakarta tingkatkan 3M/Net
rmol news logo Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi hingga 10 September 2020. Hal ini dilakukan setelah mencermati dan mempertimbangan kondisi terakhir penanggulangan Covid-19 di wilayah Jakarta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kebijakan perpanjangan ini juga diambil setelah berkonsultasi dengan dengan para epidemiolog dan hasil dari koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

Perpanjangan PSBB yang terus dilakukan Pemprov DKI ini jadi perhatian anggota DPD RI, Fahira Idris. Sebagai ibu kota dan pusat berbagai aktivitas terutama ekonomi, menurut Fahira, Jakarta memang punya tantangan tersendiri dalam percepatan penanggulangan Covid-19.
Besarnya ritme dan geliat aktivitas di kota ini menjadi salah satu tantangan besar Pemprov DKI Jakarta dan warga Jakarta untuk bergerak bersama mengendalikan laju penyebaran Covid-19.

“Itulah kenapa, sejak awal virus ini hadir, Pemprov DKI terus melangkah lebih cepat karena memang tantangan di Jakarta lebih kompleks. Saat ini Jakarta menjadi yang terdepan dan sudah maksimal menjalankan testing, tracing, treatment atau 3T," ujar Fahira Idris di Jakarta, Jumat (28/8).

Dia menambahkan,"Saya mengajak warga Jakarta untuk membalasnya dengan disiplin dan konsisten jalankan 3M yaitu memakai masker dengan baik dan benar, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak aman 1 sampai 2 meter.”

Menurut Fahira, banyak inisiatif percepatan penanggulangan Covid-19 yang dimulai dari Jakarta. Sebut saja inisiatif pembentukan Tim Tanggap Covid-19, membagikan jutaan masker kain dan mewajibkan memakainya saat berada di luar rumah, sampai inisiatif memberi sanksi pelanggaran protokol kesehatan. Semuanya dimulai dari Jakarta.

Terakhir, Jakarta menjadi daerah yang paling terdepan dalam menerapkan 3T. Yaitu pertama, testing yang sudah hampir 4 kali lipat standar yang dianjurkan WHO. Kedua, tracing dengan metode active case finding (puskesmas proaktif melakukan tes Covid-19 ke komunitas atau orang yang kemungkinan besar punya potensi tertular). Ketiga treatment yaitu kesiapan tindakan medis dan kesiapan fasilitas kesehatan.

Peningkatan kapasitas tes di Jakarta yang sudah hampir 4 kali lipat standar yang dianjurkan WHO, sambung Fahira, adalah modal utama mengendalikan pandemik ini.

Modal itu akan semakin kuat jika ditambah dengan peningkatan disiplin masyarakat mematuhi protokol kesehatan terutama pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak.

“Saat 3T yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI sudah maksimal dijalankan dan dipadu dengan penerapan 3M oleh warga yang juga maksimal, insyaAllah kita bisa mengendalikan penyebaran virus ini. Oleh karena itu perpanjangan PSBB ini harus menjadi ruang bagi kita sebagai warga meningkatkan komitmen untuk lebih disiplin dan konsisten terapkan 3M,” pungkas Senator Jakarta ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA