Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasca Insiden Ciracas, Pimpinan DPR Tekankan Semua Institusi Harus Bijak Bermedsos

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 31 Agustus 2020, 12:47 WIB
Pasca Insiden Ciracas, Pimpinan DPR Tekankan Semua Institusi Harus Bijak Bermedsos
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/RMOL
rmol news logo Edukasi tentang penggunaan media sosial yang bijak mesti digalakkan di seluruh institusi negara termasuk TNI AD.

Ini guna menangkal informasi bohong alias hoax yang berseliweran tanpa sumber jelas hingga mengakibatkan kekisruhan yang tidak perlu.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/8)

"Sebenarnya secara umum saja ya, bahwa di setiap institusi kan pasti ada pembinaan-pembinaan, dan juga penggunaan medsos ini memang harus lebih ditekankan. Terutama kepada institusi-institusi yang mempunyai disiplin tinggi," kata Sufmi Dasco.

"Bahwa harus mengecek terlebih dahulu sebelum kemudian melakukan tindakan-tindakan yang berakibat akhirnya begini (insiden Ciracas)," imbuh elit Gerindra ini menegaskan.

Diberitakan sebelumnya, salah satu penyebab penyerangan dan pembakaran Mapolsek Ciracas di Jakarta Timur beberapa waktu lalu disebabkan akibat informasi sesat yang disebarkan oleh Prada Muhamar Ilham kepada letting tamtama angkatan 2017.

"Dari hasil investigasi, ditemukan pesan yang disampaikan (Prada MI) ke grup angkatanya 2017 menyampaikan bahwa yang bersangkutan (mengaku) dikeroyok," kata Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman, Sabtu (29/8).

Padahal, sambungnya, dari hasil rekaman CCTV, Prada MI mengalami kecekalaan tunggal, namun informasi yang disampaikan oleh Prada MI kepada rekan-rekan seangkatan adalah pengeroyokan. Sehingga, kata Pangdam Jaya, mendengar informasi tersebut, rekan seangkatannya terpanggil karena jiwa korsa.

"Akibat menerima informasi yang salah, dan karena jiwa korsa yang berlebihan mereka jadi melakukan aksi anarkis," kata Dudung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA