Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Indopol: Mayoritas Masyarakat Puas Dengan Kinerja Pemprov Jawa Timur Tangani Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 31 Agustus 2020, 17:29 WIB
Survei Indopol: Mayoritas Masyarakat Puas Dengan Kinerja Pemprov Jawa Timur Tangani Covid-19
Direktur Eksekutif Indopol Survey and Consulting, Ratno Sulistyanto/Net
rmol news logo Kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menangani pandemik virus corona baru (Covid-19) dinilai cukup memuaskan oleh sebagian besar masyarakat.

Begitu hasil survei Indopol Survey and Consulting yang dilakukan pada medio tanggal 23-28 Juli 2020.

Hasilnya, 62,90 responden survei yang merupakan warga Jawa Timur merasa cukup puas terhadap kinerja Pemprov. Sementara, ada pula 9,30 persen responden merasa sangat puas.

Sementara untuk tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah kabupaten/kota mendapat kepuasan yang lebih tinggi. Karena, sebanyak 66,30 persen responden merasa puas, dan 8,20 persen  sangat puas.

"Terkait dengan tingkat kepuasan terhadap upaya pemkab dan pemkot ini menunjukan publik puas, bahkan lebih puas daripada upaya yang dilakukan oleh pemprov," ujar Direktur Eksekutif Indopol Survey and Consulting, Ratno Sulistyanto dalam jumpa pers virtual yang disiarkan dalam akun Youtube Jumpa Ide, Senin (31/8).

Meski begitu, Ratno menyebut masyarakat Jawa Timur secara umum puas dengan kinerja Pemprov, Pemkab dan Pemkot. Sebab, hal itu bisa dilihat dari jawaban responden mengenai potensi penularan dilingkungannya.

"Kalau saya lihat responden yang kita wawancarai, disekitar lingkungannya 65 persen Covid-19 tidak menjangkit tetangganya atau saudaranya. Tapi ada sekitar 10 persen hanya 1 orang, yang lebih dari 2 orang 13,3 persen," ungkapnya.

Selain itu upaya pemerintah di dalam menangani corona juga dirasa publik tepat dan tanggap, karena pasien yang terindikasi positif langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan.

"Sehingga mengapa kemudian mereka merasa pemerintah provinsi, kabupaten tanggap ada sekitar 75 persen menjawab upaya pemerintah menangani covid ini cukup tanggap," katanya.

Sementara itu, jika dilihat dari program-program penangan Covid-19 yang dikeluarkan pemprov, pemkab, dan pemkot, responden merasa puas dari program sosialisasi.

"Yang paling besar adalah himbauan protokol kesehatan. Karena memang covid ini bisa dihindari dari bagaimana ketaatan protokol kesehatan. Kedua pembagian masker 16 persen, ketiga pemyemprotan disinfektan 9,7 persen," demikian Ratno Sulistyanto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA