Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadapi Pandemik Covid-19, Mentan Bareng Kapolda Kalsel Dan Jajaran Panen Raya Di Batola

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 01 September 2020, 02:38 WIB
Hadapi Pandemik Covid-19, Mentan Bareng Kapolda Kalsel Dan Jajaran Panen Raya Di Batola
Kunjungan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat Panen Raya di Barito Kuala/Istimewa
rmol news logo Upaya ketahanan pangan terus dilakukan pemerintah dalam menghadapi pandemik Covid-19.

Seperti yang dilakukan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta dan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan jajaran. Mereka meninjau kegiatan panen raya di Desa Anjir Pasar Lama, Anjir Pasar, Barito Kuala (Batola), Senin (31/8).

Selain meninjau langsung kegiatan panen raya, kunjungan tersebut diisi dengan kegiatan pemberian bantuan berupa Gedung UPPB, bangunan alat asap cair beserta alatnya, dan asam semut senilai Rp 202.927.000 kepada UPPB Maju Bersama Desa Padang Batung Kabupaten HSS, serta ternak itik sebanyak 10 ribu ekor kepada kelompok tani ternak Halatung Desa Tambak Danau, Kabupaten Banjar.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan juga menyerahkan penghargaan Kepada Gubernur Kalsel, Bupati Batola, Bupati HST atas pengamanan stok pangan selama pandemik Covid-19 dan penandatanganan deklarasi dukungan bersama pemanfaatan kawasan pertanian di Kabupaten Batola, Provinsi Kalsel.

Gubernur Kalasel mengatakan,kedatangan Menteri Pertanian akan semakin menyemangati, menguatkan tekad dan kegigihan para petani untuk terus mengembangkan pertanian, khususnya tanaman padi di Kalimantan Selatan.

“Patut kita syukuri kemampuan Kalsel dalam memenuhi beras bagi masyarakat tetap terjaga, ketahanan pangan di Kalsel dapat dikatakan aman karena hasil produksi kita selalu memenuhi kebutuhan masyarakat atau surplus,” ucap Gubernur Kalsel, Sahbirin.

Sementara itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian menjadi salah satu sumber bisnis yang paling benar selama dalam menghadapi Covid-19 saat ini, sebab hanya sektor pertanian yang mampu bertahan.

Sehingga, ia berharap dukungan pengolahan lahan dan penggunaan varietas hibrida untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi. Sebab varietas yang digunakan masih banyak yang lokal, tidak sebanyak menggunakan varietas hibrida.

Di sisi lain, Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta memastikan jajarannya beserta jajaran TNI akan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Menurutnya, kegiatan ini adalah wujud nyata hasil panen di daerah lumbung padi Kabupaten Batola, Kalsel, sekaligus bukti program kerja yang berkualitas di bidang industri pertanian untuk meningkatkan produktivitas ketahanan pangan dalam kondisi pandemik saat ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA