Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bareng Rizal Ramli, Walhi Akan Kupas Tuntas Masifnya Konflik Agraria Di Tengah Ancaman Krisis Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 03 September 2020, 00:16 WIB
Bareng Rizal Ramli, Walhi Akan Kupas Tuntas Masifnya Konflik Agraria Di Tengah Ancaman Krisis Pangan
Ekonom senior Rizal Ramli/RMOL
rmol news logo Maraknya kasus perampasan tanah dan berbagai peristiwa konflik agraria lainnya masih kerap terjadi. Dari data Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), tercatat setidaknya 457 kasus terjadi dalam 30 tahun terakhir.

Teranyar, penangkapan Ketua Komunitas Adat Laman Kinipan, Effendi Buhing oleh aparat kepolisian terkait persoalan lahan dengan perusahaan sawit pekan lalu menambah daftar panjang konflik agraria di Indonesia.

Ironisnya, konflik agraria justru semakin masif terjadi di tengah ancaman krisis pangan akibat pandemik Covid-19 yang semakin hari semakin meluas.

Lantas, apakah ada cara lain untuk menggenjot perekonomian di tengah pandemik Covid-19 selain investasi yang konsekuensinya menumbalkan rakyat? Bukankah melestarikan hutan dan menjaga tanah dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional?

Beragam persoalan ini akan dikupas tuntas oleh begawan ekonomi, Rizal Ramli bersama dengan Direktur Eksekutif Walhi Kalimantan Tengah, Dimas Hartono dan Kepala Desk Politik Walhi Indonesia, Khalisah Khalid.

Ngopi Bareng RR Edisi-5 bertajuk 'Konflik Agraria di Tengah Ancaman Krisis Pangan Akibat Pandemi Corona, Apa Jadinya?' akan digelar Jumat (4/9) sekitar pukul 15.30 WIB. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA