Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polemik Ucapan Puan, PDIP Sumbar: Tidak Mungkin Memisahkan Pancasila Dan Minangkabau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 03 September 2020, 14:06 WIB
Polemik Ucapan Puan, PDIP Sumbar: Tidak Mungkin Memisahkan Pancasila Dan Minangkabau
Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman/Net
rmol news logo Rumusan Pancasila dari Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, digali dari keanekaragaman ajaran agama, budaya dan adat istiadat di nusantara, termasuk dari Ranah Minang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu dikatakan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman menyikapi polemik pernyataan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani soal ucapan "semoga Sumbar dukung negara Pancasila" usai mengumumkan calon kepala daerah peserta pilkada, kemarin.

Kat alex, dalam merumuskan Pancasila juga Bung Karno mengunjungi langsung dan berdialog dengan berbagai tokoh dari tanah Minangkabau.

"Salah satu butir Pancasila yang berasal dari nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Minangkabau, terangkum dalam Sila ke-4 yang berbicara tentang musyawarah dan mufakat,” ungkap Alex dalam keterangannya, Kamis (3/9).

Soal pernyataan Puan, kata Alex, sebenarnya hal itu disampaikan dalam rapat internal partai. Pesertanya adalah seluruh pengurus tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Pada rapat internal yang digelar Rabu (2/9) itu, kebetulan bersifat terbuka yang bisa diikuti secara virtual.

“Mbak Puan sebenarnya tengah menugaskan kami, jajaran pengurus PDI Perjungan di Sumatera Barat, untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila terutama soal musyawarah dan mufakat yang berasal dari kearifan lokal masyarakat Minang. Inilah pesan dan harapan Mbak Puan,” tegasnya.

Ditegaskan Alex, salah satu agenda rapat virtual itu, mengumumkan pasangan kepala daerah yang akan diusung PDIP pada pemilihan serentak 2020 di Indonesia termasuk di dua kota, 11 kabupaten dan tingkat provinsi di Sumbar.

Saat itu, PDIP mengumumkan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar beserta calon kepala daerah di Kabupaten Solok, Tanahdatar dan Pesisir Selatan beserta sejumlah daerah lainnya di Indonesia. 

Disebutkan Alex, Puan adalah salah seorang tokoh nasional dari trah langsung Bung Karno. Dia juga putri dari Taufik Kiemas, yang memiliki gelar adat Datuk Basa Batuah dari Kanagarian Sabu, Batipuh Ateh, Tanahdatar. Ibunya, Megawati Sukarnoputri juga dianugerahi gelar adat, Puti Reno Nilam.
 
Alex berharap, masyarakat Sumatera Barat memahami suasana kebathinan rapat internal partai yang digelar secara terbuka itu.

“Ranah Minang adalah bumi Pancasila. Tidak mungkin memisahkan Pancasila dan Minangkabau beserta tokoh-tokohnya terhadap perjalanan bangsa ini,” tegas Alex. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA