Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UMKM Tidak Bisa Bertahan Dari Covid-19 Masuk Kelompok Masyarakat Miskin Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 04 September 2020, 18:28 WIB
UMKM Tidak Bisa Bertahan Dari Covid-19 Masuk Kelompok Masyarakat Miskin Baru
Menteri Koperasi Dan UKM, Teten Masduki/ Repro
rmol news logo Pemerintah akan mendukung sepenuhnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang masih dapat berkembang di masa pandemik virus corona baru (Covid-19).

Hal itu dilakukan agar para pelaku UMKM tersebut dapat menjadi pilar utama dalam perekonomian bangsa saat ini.

"Memang saat ini kita saat ini fokus terhadap UMKM yang masih bisa bertahan dan berkembang," ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Bantuan UMKM, Sudah Efektifkah?” yang diselenggarakan di Ruang Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (4/9).

Menurut Teten, bagi UMKM yang dapat berkembang akan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pemerintah untuk tetap dapat tumbuh di masa saat ini.

Indikatornya UMKM yang berkembang adalah masih terdapatnya permintaannya produknya di masyarakat atau meningkatnya jumlah produk yang dipesan oleh konsumen.

"Ini yang akan kita habis-habisan memberikan berbagai program seperti restruktrurisasi kredit bahkan sekarang KUR 0 persen yang di bawah Rp 10 juta," katanya.

Terkait, dengan UMKM yang tidak sanggup bertahan dalam pandemi saat ini, Teten menyatakan pemerintah sepakat akan memasukkan kelompok tersebut dalam kelompok masyarakat miskin baru.

Atas kategori itu, pemerintah akan diberikan bantuan sosial (Bansos) untuk membantu kehidupan sehari-hari para pelaku usaha tersebut.

Pertimbangan pemerintah tidak memberikan stimulus, karena berpotensi menambah beban berat pelaku UMKM yang tidak bisa bertahan tersebut.

Nantinya, bila diberikan permodalan dari bank, dikhawatirkan akan lebih memberatkan pelaku UMKM ketika ingin bangkit kembali pasca berlalunya Covid-19.    

"Tidak bisa bertahan akan diberikan Bansos. Kita golongkan dalam kelompok miskin baru. Kalau kita kasih permodalan akan memberatkan mereka bangkit lagi," tuturnya.

Turut tampil sebagai narasumber Diskusi Media FMB9 Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional BUdi Gunadi Sadikin, dan Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari. Kegiatan FMB9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA