Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hendrawan PDIP: Jangan Langsung Apriori Pada RUU BI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 07 September 2020, 12:24 WIB
Hendrawan PDIP: Jangan Langsung Apriori Pada RUU BI
Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno/Net
rmol news logo RUU Bank Indonesia masih tahap awal wacana dan belum sampai pada pembahasan di DPR. Untuk itu, publik diminta tidak terlalu berlebihan menyikapi kehadiran wacana tersebut.

Begitu kata anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno menanggapi pandangan sejumlah pihak yang menilai RUU BI merupakan langkah mundur, seperti kembali ke zaman orde lama.

Bank Indonesia terancam tidak independen lantaran akan ada campur tangan dari Dewan Moneter yang dikepalai Menteri Keuangan.

“Ini kan masih tahap awal sekali. Menkeu sendiri sudah mengakui bahwa dulu ada dewan moneter,” ujar Hendrawan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (7/9).

Disinggung mengenai RUU BI tersebut bakal menjadi langkah mundur negara dengan kembali memakai sistem Dewan Moneter, Hendrawan meminta agar masyarakat tidak apriori dalam melihat RUU BI ini.

“Kita tunggu dengan sabar. Jangan apriori menolak atau menyetujui. Harus ada ruang adu argumentasi yang memadai,” ucapnya.

Legislator dari PDI Perjuangan ini sepakat independesi Bank Indonesia harus dijaga guna membangun sinergitas lembaga di tengah situasi krisis akibat pandemi Covid-19 ini.

“Namun kita sepakat, independensi BI harus dibingkai dalam kerangka membangun soliditas dan sinergitas kelembagaan yang optimal untuk menghadapi krisis dan tantangan pembangunan ke depan,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA