Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menag Fachrul Razi: Profesor Malik Fadjar Tokoh Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 08 September 2020, 09:53 WIB
Menag Fachrul Razi: Profesor Malik Fadjar Tokoh Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia
Mantan Menteri Agama, Profesor Malik Fadjar/Net
rmol news logo Kementerian Agama (Kemenag) kehilangan besar atas berpulangnya Menteri Agama era Presiden BJ Habibie, Profesor Abdul Malik Fadjar, pada Senin malam (7/9).

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi turut menyampaikan rasa duka cita mendalam atas kepergian almarhum Abdul Malik Fadjar. 

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Saya menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Prof. A. Malik Fadjar pada Senin malam ini," ujar Fachrul Razi kepada wartawan, Selasa (8/9).

Bagi mantan wakil Panglima TNI itu, Malik Fadjar bukan sebatas pendahulunya di Kementerian Agama. Melainkan juga tokoh pengembangan pendidikan Islam di Indonesia.

Fachrul mengungkapkan, Malik Fadjar memiliki kiprah besar dalam pendidikan Islam sejak muda. Lahir dari keluarga Muhammadiyah pada 22 Februari 1939, merupakan produk pendidikan Kementerian Agama.

Prof. Malik muda menamatkan gelar Doktorandus (Drs) dari Fakultas Tarbiyah Cabang Sunan Ampel Surabaya pada 1972 (saat ini telah menjadi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

"Yang menarik, beliau telah membangun karir mulai menjadi guru pada Sekolah Rakyat Negeri (SRN), hingga kemudian menjadi Dirjen pada Ditjen Bimbaga Islam Kemenag di tahun 1995-an," kata Fachrul Razi.

"Saat menjadi Dirjen, lalu Menteri Agama, beliau banyak melakukan pembenahan dan inovasi, antara lain pengembangan manajemen berbasis sekolah, serta Madrasah Aliyah Model dan Madrasah Aliyah Keterampilan. Beliau ikut berjasa dalam pengembangan pendidikan Islam," imbuh dia.

Atas jasa besar yang luar biasa terhadap Negara dan Bangsa Indonesia, almarhum mendapat tanda kehormatan yang tinggi, yaitu Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden BJ Habibie. Tanda kehormatan ini tertuang dalam Keppres Nomor 076/TK/TH 1999 tanggal 13 Agustus 1999. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA