Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hitungan Fuad Bawazier: 5 Staf Ahli Direksi BUMN Akan Buang Uang Negara Hingga Rp 600 M

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 08 September 2020, 18:13 WIB
Hitungan Fuad Bawazier: 5 Staf Ahli Direksi BUMN Akan Buang Uang Negara Hingga Rp 600 M
Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier/Net
rmol news logo Ada harga yang harus dibayar mahal dalam kebijakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir yang merestui direksi untuk memiliki lima staf.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berdasarkan pengamatan mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier, izin perekrutan staf bergaji Rp 50 juta untuk direksi tak bisa dilihat secara sederhana.

Sebab bila dikalkulasi, ada ongkos begitu besar yang harus dikeluarkan negara.

"150 BUMN dikalikan 5 staf, dikalikan Rp 50 juta, dikalikan 12 bulan sama dengan Rp 450 miliar," kata Fuad Bawazier dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Selasa (8/9).

Angka tersebut akan lebih besar bila ditambahkan dengan beragam tunjangan yang didapat, seperti tunjangan hari raya, honor bulan ke-13, penyediaan ruang kantor, hingga perjalanan dinas dan lain-lain.

"Bisa jadi staf ahli itu masing-masing minta sekretaris dan lain-lain yang saya perkiraan tidak akan kurang dari sepertiganya (dari Rp 450 M), alias Rp 150 miliar," kritiknya.

"Jadi total uang mubazir yang akan hilang menguap sekitar Rp 600 miliar. Kok gampang betul ya buang-buang uang negara? Perlu dikaji ulang policy ini," demikian Fuad Bawazier. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA