Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keluarga Besar: Bachtaruddin Memang Tokoh PKI, Tapi Bukan Kakek Arteria Dahlan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 09 September 2020, 19:15 WIB
Keluarga Besar: Bachtaruddin Memang Tokoh PKI, Tapi Bukan Kakek Arteria Dahlan
Politisi PDIP Arteria Dahlan/Net
rmol news logo Keluarga besar politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan, membantah bahwa kakek Arteria Dahlan adalah pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) di di Sumatera Barat.

Sangkalan tersebut disampaikan adik dari ibu Arteria Dahlan, Prof. Auzal Halim, guru besar Fakultas Farmasi Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat. 

Penjelasan itu diberikan sehubungan dengan pernyataan wartawan senior Hasril Chaniago, pada sebuah acara diskusi televisi swasta di Jakarta pada Selasa (8/9).

Menurut Hasril Chaniago, kakek Arteria Dahlan yang bernama Bachtarudin adalah tokoh PKI yang ikut mendirikan partai PKI di Sumatera Barat.

Menurut Prof. Auzal Halim, tidak benar Arteria Dahlan mempunyai kakek bernama Bachtarudin. Kata dia, kakek Arteria Dahlan dari pihak ibu bernama Wahab Syarif, seorang pedagang textile di Tanah Abang, Jakarta.

Sedangkan kakek Arteria Dahlan dari pihak bapak, bernama Ahmad Dahlan bin Ali, seorang pedagang di Sumatera Barat.

“Jadi tidak benar kakek Arteria Dahlan, adalah tokoh yang mendirikan Partai PKI, karena tidak ada kakeknya yang bernama Bachtaruddin, seperti yang disebutkan Hasril Chaniago," ungkap Auzul Halim kepada wartawan, Rabu (9/9).

Salah seorang sepupu Arteria Dahlan, Harry Asmar, yang juga Ketua Dewan Pembina Ikatan Keluarga Maninjau, membenarkan apa yang disampaikan Auzal Halim.

Menurut Harry Asmar, kakek Arteria Dahlan dari pihak ibu yang bernama yakni Wahab Syarif dalah seorang pedagang Tanah Abang yang sukses dan sudah merantau ke Jakarta sekitar tahun 1950-an.

Bahkan, rumah kakek Arteria tersebut menjadi rumah transit para perantau lain dari Sumbar yang akan mengadu nasib di Jakarta.

"Jadi rumah kakek Arteria Dahlan dari pihak ibu ini adalah semacam tempat transit perantau yang baru datang di Jakarta, sebelum mereka mendapat rumah untuk tinggal," ujarnya.

Sambungnya, di Maninjau memang ada tokoh PKI yang bernama Bachtaruddin, yang ikut mendirikan Partai PKI di Sumatera Barat. Tetapi itu pasti bukanlah kakek Arteri Dahlan.

Harry Asmar maupun Auzal Halim, sangat menyesalkan pernyataan Hasril Chaniago, yang kurang akurat dalam memberikan informasi, sehingga sangat merugikan Arteria Dahlan secara pribadi dan PDI Perjuangan secara umum. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA