Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua KPK Ingin Sistem Politik Dan Pilkada Diperbaiki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 13 September 2020, 12:19 WIB
Ketua KPK Ingin Sistem Politik Dan Pilkada Diperbaiki
Ketua KPK Firli Bahuri/Net
rmol news logo Mayoritas kepala daerah, baik gubernur, bupati, dan walikota mendapat sumber pendanaan pilkada dari kalangan swasta. Hal itu yang kemudian tak jarang membuat korupsi untuk balas budi.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menilai, fakta bahwa para kepala daerah ini harus dievaluasi dengan cara perbaikan sistem politik dan pilkada.

“Jadi sistem politik dan pilkada yang perlu diperbaiki. Selain itu, pemberantasan korupsi perlu pendekatan pendidikan masyarakat dan pencegahan,” ujar Firli Bahuri kepada wartawan, Minggu (13/9).

Mantan Kabarhakam Polri ini menjelaskan terkait pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK melalui tiga pendekatan yang menjadi core bussiness KPK.

Pertama, pendekatan pendidikan masyarakat jejaring pendidikan formal dan informal mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi.

Kedua, pendidikan terhadap penyelenggara negara dan partai politik. Ketiga, pendidikan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Sektor nomor dua dan tiga ini merupakan sektor yang menjadi sasaran karena mereka inilah yang sering terlibat perkara korupsi. Pihak swasta (usahawan) adalah terbanyak kedua setelah penyelenggara negara," jelas Firli.

Selain itu, jenderal polisi bintang tiga ini juga menjelaskan bahwa dari sektor pencegahan dengan sasaran menghilangkan peluang dan kesempatan terjadinya tindakan rasuah dengan merasuk kepada perbaikan, penyempurnaan dan penguatan sistem.

Di mana, prinsip tujuan pencegahan kata Firli adalah menghilangkan kesempatan atau peluang korupsi dengan cara pembangunan atau perbaikan sistem.

"Sehingga untuk itu perlu dilakukan penelitian dan pengembangan guna menelaah dan meneliti atas sistem yang ada. Karena sesuai dengan teori yang pernah saya ketahui bahwa korupsi itu juga muncul disebabkan oleh sistem (by system corruption, corruption because of fail, bad and weak system),” terang Firli.

Sehingga, keberadaan direktorat monitoring yang melakukan monitoring pelaksanaan program pemerintahan negara menjadi penting untuk mengkaji dan meneliti serta memberikan rekomendasi kepada pemerintah, khususnya dalam perbaikan sistem, baik politik, ekonomi, perizinan maupun pelayanan publik.

"Apakah sistemnya gagal, sistemnya lemah atau sistemnya buruk. Adapun pendekatan terakhir adalah pendekatan penindakan dengan penegakan hukum yang tegas, berkeadilan dan tetap menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (law enforcement approach)," terang Firli.

Dengan demikian, menurut Firli, pentingnya pemberantasan korupsi pada sektor swasta karena berkorelasi erat dengan korupsi oleh penyelenggara negara.

"Jadi bisa dikatakan pada saat bersamaan dalam satu kesempatan terjadi praktik korupsi karena dilakukan oleh oknum penyelenggara negara dan pihak swasta secara bersama,” pungkas Firli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA