Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Jokowi Perintahkan Menkes Terawan Selesaikan Masalah Ketimpangan Jumlah Tes Covid-19 Di Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 14 September 2020, 15:12 WIB
Presiden Jokowi Perintahkan Menkes Terawan Selesaikan Masalah Ketimpangan Jumlah Tes Covid-19 Di Daerah
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Ketimpangan kapasitas tes Covid-19 antar daerah diminta Presiden Joko Widodo untuk segera diselesaikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Terkait testing, ini minggu yang lalu saya sampaikan kapasitas testing antar daerah ini ketimpangannya harus segera diperkecil," ujar Jokowi dalam rapat terbatas tentang 'Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional' secara virtual, Senin (14/9).

"Jangan sampai ada yang sudah terlalu tinggi dan provinsi-provinsi lain yang masih jauh di bawahnya," sambungnya.

Sebagai perbandingan, mantan Walikota Solo ini menyebut DKI Jakarta sebagai provinsi tertinggi dengan jumlah tes Covid-19 yang sudah lebih dari 300 ribu tes, sementara daerah lainnya masih variatif di bawah angka tersebut.

"Di DKI sudah mencapai 324 ribu, di Jawa Timur 184 ribu, di Jawa Tengah 162 ribu, di Jawa Barat 144 ribu dan di provinsi-provinsi lain yang masih di bawah 100 ribu," ucap dia.

Lebih lanjut, Jokowi meminta penanganan Covid-19 memperhatikan segi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Sehingga pemahaman untuk menangani virus asal Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China tersebut tidak bisa dibandingkan dengan negara lain yang bukan kepulauan.

"Saya ingatkan bahwa negara kita adalah negara kepulauan, bahwa Indonesia adalah negara kepulauan, karena pemahaman Covid-19 sangat penting untuk menangani pandemi Covid-19 di negara kita Indonesia, tidak bisa dibandingkan dengan negara lain yang bukan kepulauan," jelasnya.

"Saya minta menteri kesehatan, komite, satgas untuk fokus dalam penanganan ini sehingga hasilnya setiap minggu bisa kelihatan angka-angknya. Peningkatan penegakan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan terutama mengenakan masker dan physical distancing," pungkas Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA